Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalah di El Clasico, Madrid Gagal Samai Poin Barca

By Verdi Hendrawan - Minggu, 27 Oktober 2013 | 01:15 WIB
Selebrasi Neymar Junior (tengah) setelah berhasil mencetak gol pembuka kemenangan 2-1 Barcelona di El Clasico pertamanya. (David Ramos/Getty Images)

2 Real Madrid di laga El Clasico atas tuan rumah Barcelona, membuat raihan poin Los Merengues semakin jauh dari Blaugrana. Barca kini unggul enam poin dari El Real hingga pekan ke-10 La Liga.

Dalam 90 menit pertandingan berlangsung, Real Madrid sebenarnya berhasil menandingi permainan Barcelona. Hal ini terlihat dari persentase penguasaan bola dan peluang emas yang diciptakan yang berimbang diantara kedua tim .

Barcelona berhasil unggul cepat di menit ke-19 melalui debutan El Clasico, Neymar Junior. Striker baru Barcelona itu berhasil lolos dari perangkap offside dan mampu mengelabuhi Daniel Carvajal sekaligus Diego Lopez di awah mistar gawang.

Banyak sekali peluang yang berhasil diciptakan oleh Barcelona dan Real Madrid. Namun, hal ini tidak mampu mengubah papan skor hingga akhir 45 menit babak pertama.

Di babak kedua, kebuntuan demi kebuntuan dialami leh kedua kesebelasan. Real Madrid terganjal dengan Kegagalan mereka menaklukkan Victor Valdes yang bermain sangat baik dan beberapa keputusan wasit yang cukup merugikan mereka.

Sedangkan Barcelona terhadang oleh kemampuan para pemain bertahan Real Madrid dalam membaca gaya bermain mereka, serta arah bola yang kebanyakan selalu mampu dipotong.

Namun, setelah Barcelona kembali bermain dengan tiga striker seperti biasanya, kebuntuan itu segera teratasi. Hanya selang delapan menit sejak Alexis Sanchez masih menggantikan Francesc Fabregas, akhirnya gol kedua pun lahir.

Berawal dari serangan balik, Alexis berhasil meneruskan sodoran Neymar dengan solo runnya. Meski sempat terhadang oleh Raphael Varane, striker asal Cili itu melihat posisi Diego Lopez yang tidak ideal di depan gawangnya.

Diego Lopez yang berdiri terlalu jauh di depan gawangnya berhasil dimanfaatkan dengan cerdik olerh Sanchez. Hanya dengan sontekan bola lambung, mantan pemain Udinese itu berhasil menggandakan kedudukan Barcelona menjadi 2-0 di menit ke-78.

Real Madrid yang tertinggal 2-0 ternyata tidak membuat mereka kehilangan semangat. Serangan demi serangan terus dilancarkan hingga akhirnya berhasil berbuah gol di menit ke-90+1 melalui Jese Rodriguez yang menerima umpan silang dari Cristiano Ronaldo.

Hasil ini membuat Real Madrid tertahan di posisi ke-3 dengan 22 poin, sedangkan Barcelona berhasil menauhi rival utamanya itu dan Atletico Madrid dengan 28 poin di pekan ke-10 La Liga.