Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ukir Sejarah, Vettel Kehilangan Kata-Kata

By Oka Akhsan M. - Minggu, 27 Oktober 2013 | 19:02 WIB
Sebastian Vettel, merayakan gelar dengan melakukan gerakan doughnuts. (Prakash Singh/Getty Images)

kata usai memenangi Grand Prix India sekaligus memastikan titel juara dunia Formula 1 2013, Minggu (27/10). Pebalap Red Bull itu tak menyangka bisa meraih gelar juara dunia untuk keempat kali secara beruntun.

Vettel belum berhenti mengukir sejarah. Ia resmi menjadi pebalap termuda yang meraih empat gelar juara dunia. Ia bergabung dengan Michael Schumacher dan Juan Manuel Fangio yang empat kali juara dunia secara beruntun.

Kemenangan di Sirkuit Internasional Buddh juga menjadi kemenangan Grand Prix keenam Vettel secara beruntun. Pebalap asal Jerman itu tak terkalahkan sejak GP Hungaria tepat sebelum rehat musim panas. Red Bull juga meraih gelar juara konstruktor keempat secara beruntun.

"Saya kehilangan kata-kata. Saya melewati garis finis dan seketika terasa hampa. Butuh waktu bagi saya untuk mengatakan sesuatu. Inilah salah satu momen di mana kalian ingin mengatakan banyak hal, namun tak mampu melakukannya," kata Vettel seperti dilansir Autosport.

"Merupakan sebuah kebahagiaan keluar dari mobil dan merayakan kemenangan bersama kru tim. Mobil sangat fenomenal hari ini dan sepanjang musim. Saya tak bisa meminta lebih," ujar Vettel.

Vettel merayakan keberhasilannya dengan melakukan gerakan memutar di trek lurus di depan tribun penonton utama. Ia menyatakan aksi tersebut tak direncanakan sebelumnya.

"Saya tak memikirkannya. Rocky (Guillaume Roquelin), teknisi saya untuk melakukan perayaan seperti biasa, tapi saya berpikir ini bukan saatnya. Banyak penonton di tribun utama dan saya harus melakukannya. Biasanya hal ini tak diperbolehkan, namun kali ini terasa tepat," tutur Vettel.