Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Emmanuel Petit, antara Tottenham dan Arsenal

By Eko Widodo - Selasa, 29 Oktober 2013 | 02:35 WIB
Emmanuel Petit (Xavier Laine_Getty Images)

Legenda hidup Arsenal, Emmanuel Petit, mengungkapkan kejadian unik sesaat sebelum dia memutuskan bergabung dengan skuat Arsene Wenger pada 1997. Waktu itu, gelandang asal Prancis itu nyaris bergabung dengan rival sekota Arsenal, Tottenham Hotspurs.

“Sebelum saya bergabung dengan Arsenal, saya tengah dalam pembicaraan dengan Spurs. Saya menunda pertemuan dengan Tottenham, tapi saya memutuskan untuk tidak memberitahu jawaban saya," kata Petit.

"Saya melakukan itu karena saya mengetahui bahwa Arsenal juga mengawasi saya,” ujar Petit, yang kini telah berusia 43 tahun, melalui tulisannya di Daily Mail.

“Saat itu, saya tidak mengetahui rivalitas diantara dua klub itu dan saya baru menyadarinya ketika saya telah berada di dalam taksi yang sudah dibayarkan oleh pihak Tottenham. Dengan taksi itu saya pergi menuju Arsenal dan meneken kontrak,” tutur Petit.

“Itu seperti (Olympique) Marseille yang membayarkan taksi untuk seorang pemain yang akan bergabung ke Paris Saint-Germain, tapi itu bukan maksud saya menyakiti siapapun,” ungkap Petit.

“Kenyataannya adalah ketertarikan Wenger merupakan kunci mengapa saya memilih Arsenal dibanding Tottenham. Saya tidak memiliki motivasi untuk bermain bagi Spurs saat itu,” ucap Petit.

Laporan : Peter Alexander