Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Putri Indonesia Petik Kemenangan Atas Uzbekistan

By Eko Widodo - Selasa, 29 Oktober 2013 | 16:03 WIB
Jacklien Ibo (12) mencetak 11 angka dan 8 rebound saat Indonesia mengalahkan Uzbekistan 71-60, Selasa (29/10) di Bangkok, Thailand pada pergelaran FIBA Asia Putri ke-25. (FIBA Asia)

25, Selasa (29/10) di Bangkok Youth Centre, Bangkok, Thailand. Bertanding melawan putri Uzbekistan, Wulan Ayuningrum dkk. menang dengan 71-60.

Permainan cepat dan akurat putri Indonesia memang meyakinkan. Indonesia menggebrak di 5 menit pertama dengan kemenangan 14-4 kuarter pertama. Akhir kuarter pertama dikontrol Indonesia dengan skor 24-10. Memasuki kuarter kedua, Indonesia masih perkasa. Uzbek hanya mencetak 11 angka di kuarter kedua, sementara Indonesia mengemas 19 angka. Halftime 43-21 untuk Indonesia.

Di kuarter ketiga, Indonesia tetap fokus dan mempertahankan tempo permainan. Skor 63-39 pun diraih. Di kuarter keempat, Indonesia sedikit lengah. Lima menit pertama kuarter 4, Indonesia hanya membuat 2 poin, sementara Uzbek melejit dengan 9 angka. Di lima akhir kuarter keempat, Uzbek menambah 12 angka sementara Indonesia hanya 6 angka.

"Kita memang sedikit lengah di defense sementara offense q4 tidak banyak skor. Mereka hanya skor 2 angka sementara Uzbek 9 angka," kata asisten pelatih Tri Adnjanaadi Lokatanaya, saat dihubungi BOLA dari Jakarta.

Meskipun demikian, kemenangan demi kemenangan itu layak disyukuri. Apalagi pada gim berikutnya Indonesia akan menghadapi tuan rumah Thailand.

Menurut pelatih kepala Raoul Miguel Hadinoto, dua kemenangan melawan Hong Kong dan Uzbekistan memberikan motivasi besar kepada para pemain. "Yang pasti itu menaikkan motivasi mereka melawan Thailand besok. Pasti cukup berat melawan Thailand besok, namun tidak ada yang tidak mungkin," ungkap Ebos, panggilan akrab Raoul, Selasa sore.

Meskipun demikian, Raoul akan terus mengevaluasi performa para pemain yang dipersiapkan ke SEA Games Myanmar, Desember nanti. "Masih banyak yang harus dievaluasi, terutama transisi offense ke defense. Konsistensi saat box out juga akan terus kami kaji," timpal Ebos.

Field goal Indonesia mengalami perbaikan di gim ini mencapai 44% (27/61). Field goal 2pts bahkan mencapai 51%. Uzbekistan out rebound Indonesia 31 vs 15. Namun, penyelesaian akhir yang buruk membuat % field goal Uzbek hanya 33%. (LIHAT STATISTIK INDONESIA VS UZBEKISTAN DI BAWAH FOTO)

Dari Indonesia, empat pemain mencetak dobel digit. Kapten Wulan Ayuningrum mengemas 18 angka diikuti Hanum Fasya 12, Jacklien Ibo 11 angka 8 rebound, dan Marjorice Fedora Tsarine 10 angka. Dari Uzbekistan, skor terbanyak dibuat Lyudmila Komarova 15 angka dan Elena Khusnitdinova 14.

Besok, Rabu (30/10) Indonesia akan menghadapi tuan rumah Thailand pukul 18.00 WIB.