Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ranieri: Pelatih Italia Dapat Melatih Dimana pun

By Jumat, 1 November 2013 | 23:22 WIB
Claudio Ranieri (Michael Regan/Getty Images)

talenta berbakat. Selain Itu, Italia juga dikenal sebagai produsen pelatih-pelatih berkualitas.

Anggapan tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya pelatih asal Italia yang kini menangani klub-klub mapan di seantero Eropa, seperti Carlo Ancelotti (Real Madrid), Claudio Ranieri (Monaco), Luciano Spalletti (Zenit), dan Roberto Mancini (Galatasaray). Jangan lupakan pula Fabio Capello yang kini membesut timnas Rusia.
Kompetisi Serie A yang terkenal keras, dianggap Ranieri sangat berjasa dalam rangka membentuk karakter pelatih-pelatih Italia. "Saat anda sudah pernah melatih di Italia, Anda akan bisa melatih dimana pun. Di Italia, seorang pelatih ibarat penerjun payung yang terjun ke darat tanpa tahu parasutnya bakal terbuka tau tidak."
 
Ahli strategi Monaco itu juga mengungkapkan rahasia suksesnya dalam melatih. 
"Kuncinya adalah ketenangan dan humor yang baik. Saya senang melihat pemain berlatih dengan seulas senyum diwajahnya," kata Ranieri di L'Equipe 
 
 

Anggapan tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya pelatih asal Italia yang kini menangani klub-klub mapan di seantero Eropa. Sebut saja Carlo Ancelotti (Real Madrid), Claudio Ranieri (Monaco), Luciano Spalletti (Zenit), dan Roberto Mancini (Galatasaray). Jangan lupakan pula Fabio Capello yang kini membesut timnas Rusia.

Kompetisi Serie A yang terkenal keras, dianggap Ranieri sangat berjasa dalam rangka membentuk karakter pelatih-pelatih Italia. "Saat Anda sudah pernah melatih di Italia, Anda akan bisa melatih dimana pun. Di Italia, seorang pelatih ibarat penerjun payung yang terjun ke darat, tanpa tahu parasutnya bakal terbuka tau tidak." katanya.

Ahli strategi Monaco itu juga mengungkapkan rahasia suksesnya dalam melatih. "Kuncinya adalah ketenangan dan humor yang baik. Saya senang melihat pemain berlatih dengan seulas senyum diwajahnya," lanjut  Ranieri di L'Equipe.