Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ranieri: Pelatih Italia Bisa Melatih di Mana Pun

By Jaka Sutisna - Sabtu, 2 November 2013 | 02:12 WIB
Claudio Ranieri (Getty Images)

Selain terkenal dengan cattenaccio (pertahanan gerendel), Italia juga diakui sebagai negara penghasil pelatih hebat. Saat ini banyak pelatih asal Italia yang sukses berkarier di luar negeri.

Marcello Lippi, Alberto Zaccheroni, Luciano Spalletti, dan Carlo Ancelotti adalah segilintir contoh pelatih asal Italia yang berhasil mengukir prestasi emas di perantauan.

Keberhasilan pelatih-pelatih asal Italia di mancanegara sebenarnya bukan hal aneh mengingat sepak bola Italia memang terkenal sebagai gudang pengetahuan taktik dan strategi permainan.

Pelatih AS Monaco, yang juga asal Italia, Claudio Ranieri, bahkan berani menyimpulkan, seorang pelatih yang pernah melatih di Italia pasti bisa melatih di belahan dunia mana pun.

"Sekali Anda melatih di Italia, Anda bisa melatih di mana saja. Di Italia, pelatih ibarat seorang penerjun payung yang melompat dari pesawat namun dia tidak tahu apakah parasut yang dikenakan akan berfungsi atau tidak," ujar Ranieri.

Saat ini karier Ranieri tengah melambung bersama Monaco. Klub asal Prancis itu dibawa Ranieri memimpin klasemen sementara Ligue 1. Lalu apa rahasia kesuksesan Ranieri?

"Rahasia saya adalah memiliki ketenangan dan selera humor yang baik. Saya adalah salah satu pelatih yang menyukai suasana latihan yang menyenangkan. Saya ingin kembali ke istri saya dalam suasana hati yang damai," tutur Ranieri dikutip dari Football Italia.