Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio Naik ke Posisi Empat

By Arief Kurniawan - Rabu, 6 November 2013 | 21:13 WIB
Rio Haryanto, tes di Abu Dhabi. (Erwin Fitriansyah/BOLA)

Pebalap GP2 Indonesia, Rio Haryanto memperbaiki posisi pada hari kedua tes bersama tim Caterham di sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Rabu (6/11).  

Pada hari pertama, Rio, hanya mencatat waktu tercepat ke-16 dari 25 pebalap yang ikut tes. Rio turun dua kali ke lintasan, yaitu pada sesi pagi dan siang.

Saat sesi pagi, Rio hanya memakai satu set ban. Sementara pebalap lain, ada yang memakai dua set ban. Pemuda berusia 20 tahun itu baru memakai dua set ban pada sesi sore.

"Catatan waktunya sempat ada di peringkat tiga. Tapi ketika akan ganti ban, sesi tes harus dihentikan karena ada mobil melintir di lintasan. Saat trek kembali dibuka, waktu tinggal delapan menit dan kondisi trek sudah sangat kotor," tutur ibunda Rio, Indah Pennywati.

Posisi Rio melonjak drastis pada sesi pagi hari berikutnya. Pebalap yang musim lalu bergabung dengan tim Barwa Addax itu sempat bertengger di posisi satu sebelum mengakhiri sesi tes pagi di posisi empat.

"Mobil kencang dan responsif. Tim juga sangat kooperatif," kata pebalap yang menempati posisi 19 di klasemen akhir GP2 musim 2013 ini.

Rio melakukan dua hari tes bersama Racing Engineering. Tim ini mengantarkan pebalap asal Austria, Fabio Leimer, menjadi juara GP 2 2013. Rio masih akan menjalani tes dengan tim EQ8 Catterham pada Kamis (7/11)