Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Skuat Timnas yang Main di Pyongyang pada Juli 1989

By Riemantono Harsojo - Sabtu, 9 November 2013 | 07:45 WIB
Timnas asuhan pelatih M. Basri (kiri) saat mengikuti SEA Games Kuala Lumpur 1989 setelah sebelumnya berpartisipasi di Kualifikasi Piala Dunia 1990. (BOLA)

Sebelum pertandingan uji coba antara timnas melawan klub 25 April di Pyongyang pada Sabtu, 9 November, timnas pernah bermain di sana, yakni dalam Kualifikasi Piala Dunia 1990 pada 9 Juli 1989. Berikut susunan pemain timnas kala itu.

Trio pelatih M. Basri, Iswadi Idris, dan Abdul Kadir (Basiska) kembali menurunkan kiper I Gusti Putu Yasa. Sebelumnya saat melawan Hong Kong, kiper asal Persebaya itu juga dimainkan untuk menggantikan Eddy Harto yang menjadi starter di empat laga sebelumnya.


Di depan I Gusti Putu Yasa, Basiska menampilkan formasi yang hampir sama seperti laga-laga sebelumnya. Begitu juga di lini tengah dan depan. Bonggo Pribadi masuk daftar starter menggantikan gelandang bertahan Harry Susanto.


Striker sekaligus kapten Ricky Yakobi kembali diistirahatkan Basiska, seperti kala melawan Hong Kong di Senayan. Mustaqim menjadi pilihan di pos penyerang tengah. Mustaqim mencetak satu gol kala timnas mengalahkan Hong Kong 3-2 di Senayan pada akhir Juni 1989.


Berikut susunan formasi timnas kala kalah 1-2 dari Korea Utara pada 9 Juli 1989. Satu-satunya gol timnas dicetak oleh gelandang Inyong Lolombulan pada menit ke-73 setelah Korea Utara unggul 2-0.


I Gusti Putu Yasa(PG); Patar Tambunan, Jaya Hartono, Robby Darwis, Herry Kiswanto; Bonggo Pribadi, Yessy Mustamu, Rully Nere, Made Pasek Wijaya, Inyong Lolombulan; Mustaqim.