Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

La Nyalla: Kami Yakin Bisa Mencari Dana Timnas

By Eko Widodo - Senin, 11 November 2013 | 18:09 WIB
Maldini Pali (timnas U-19), dana lebih besar tahun 2014. (Fernando Randy)

14, U-16, U-19, U-23, dan senior. Timnas U-14 tampil di Kualifikasi Piala AFC U-14 Grup F, Juni lalu di Myanmar. Lalu Timnas U-16 tampil di Piala AFF U-16 pada awal September juga di Myanmar.

Selain dua timnas junior itu, kegiatan lain yang menyedot dana tentu dilakukan oleh pelatnas timnas U-23 dan timnas senior. Timnas U-23 dipersiapkan untuk tampil di SEA Games Myanmar bulan depan.

Pelatih Rahmad Darmawan menggelar pelatnas dengan sistem buka-tutup sebanyak tiga tahap. Meski bukan pelatnas jangka panjang, dana yang dibutuhkan cukup banyak lantaran beberapa kali timnas U-23 beruji coba ke luar negeri sebelum tampil di SEA Games.

Pos pengeluaran lain disedot oleh timnas senior. Tim asuhan Jacksen Tiago ini masih berlaga di Kualifikasi Piala Asia 2015. Timnas senior menjalani pelatnas dan beruji coba ke Korut, menjalani partai tandang ke Cina, dan menjamu Irak di Jakarta.

Sekjen PSSI, Joko Driyono, menyebut total sekitar Rp25 miliar yang dikeluarkan untuk membiayai kegiatan timnas pada 2013.

Namun, jumlah itu akan terlampaui pada tahun depan. Padahal, menurut jadwal, hanya ada dua timnas yang memiliki agenda pasti, yaitu timnas U-19 di putaran final Piala AFC U-19 di Myanmar pada bulan Oktober dan timnas senior yang akan tampil di Piala AFF pada Desember 2014.

Penyebabnya adalah pelatnas jangka panjang yang digelar timnas U-19. Dana yang dibutuhkan untuk timnas U-19 saja sekitar Rp30 miliar. Besarnya dana yang dibutuhkan itu dijawab dengan nada optimistis oleh Ketua BTN yang juga Wakil Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mattalitti.

“Kami yakin bisa mencari dana buat timnas. Pintunya hanya satu, yaitu dari PSSI. BTN hanya bertugas merancang program,” kata Nyalla. BTN juga merancang ibadah umrah ke Mekkah pada awal Januari 2014 serta uji coba melawan tim dari Arab Saudi atau Qatar untuk timnas U-19.