Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Schneiderlin Bisa Perkuat Tim Tiga Singa

By Rizki Indra Sofa - Senin, 11 November 2013 | 21:43 WIB
Morgan Schneiderlin (Getty Images)

Tiga pemain Southampton: Jay Rodriguez, Rickie Lambert, dan Adam Lallana, dipanggil masuk tim nasional Inggris oleh Roy Hodgson. Pelatih Southampton, Mauricio Pochettino, mengatakan gelandang asal Prancis Morgan Schneiderlin bisa menjadi pemain keempat.

Schneiderlin lahir Obernai, Prancis, 24 tahun yang lalu. Ia sempat membela tim junior Prancis dari level usia U-16 sampai U-21. Akan tetapi, ia belum pernah tampil buat tim senior Les Bleus.

"Banyak yang bilang jika saya orang Inggris, saya pasti sudah masuk tim nasional. Nama saya memang kurang dikenal di negara sendiri. Logis karena saya bergabung ke Southampton di usia 18 tahun, ketika kami masih bermain di Championship," kata Schneiderlin di Sky Sports.

Pochettino pun mengingatkan Deschamps bahwa Schneiderlin sudah lebih dari lima tahun tinggal di Inggris. Artinya, sesuai aturan FIFA, eks personel Strasbourg itu bisa membela pasukan Roy Hodgson jika terus diabaikan oleh Les Bleus.

"Saya akui terkejut dia belum membela Prancis karena dia punya kualitas yang sama dengan mereka di skuat. Mungkin hanya masalah waktu, tapi Federasi Sepak Bola Prancis harus berhati-hati karena Schneiderlin bisa membela Inggris," ucap Pochetiino.