Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ketika Julisa Harus Menjadi Pesulap Basket

By Eko Widodo - Kamis, 14 November 2013 | 16:22 WIB
Jepang, juara bertahan FIBA Asia Putri U-16 di Jinan, Cina, dua tahun lalu. (FIBA Asia)

16 yang akan berlaga pada FIBA Asia U-16 di Colombo, Sri Lanka, 23-30 November. Julisa terpaksa meliburkan latihan karena beberapa pemain tampil pada Kejurnas U-18 yang sedang berlangsung di Batam.

"Saya harus bisa menjadi pesulap. Minggu (17/11) latihan, lalu tiga hari kemudian terbang ke Sri Lanka," ungkap Julisa, Rabu (13/11). Baru pada Minggu, skuat Julisa lengkap setelah beberapa pemain pulang dari tur DBL All-Star ke Sacramento, AS.

Pada FIBA Asia Putri U-18 nanti, Indonesia U-16 berada di grup Level II bersama Hong Kong, Yordania, Kazakhstan, Sri Lanka, dan Thailand. Sedangkan Level I dihuni raksasa Asia semacam Jepang, Cina, Korsel, India, Taiwan, dan Malaysia.

Indonesia akan tampil perdana melawan Yordania pada Sabtu 23 November melawan Yordania pukul 11 waktu setempat. Pertandingan berikutnya melawan Thailand.

FIBA Asia U-16 pertama kali digelar di Pune, India pada 20 Nov-6 Desember. Cina, Jepang, dan Taiwan adalah tiga tim terbaik. Wakil dari Asia Tenggara adalah Thailand (peringkat 5), Filipina (7), Malaysia (8), dan Singapura (11).

Pergelaran kedua dilaksanakan 4-11 Desember 2011 di Jinan, Cina. Jepang menjadi peringkat pertama dengan rekor kemenangan 7-0 diikuti Korsel dan tuan rumah Cina. Wakil Asia Tenggara yang masih bertahan di Level I adalah Malaysia yang sukses menggeser Filipina dan Hong Kong.