Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tunisia Dilarang Berkompetisi di Piala Davis 2014

By Eko Widodo - Jumat, 15 November 2013 | 06:14 WIB
Francesco Ricci Bitti (kanan), memutuskan skorsing untuk Tunisia di pergelaran Piala Davis. (Getty Images)

Federasi Tenis Internasional (ITF) melarang para pemain Tunisia berlaga pada pentas Piala Davis 2014. Sanksi itu diberikan karena tindakan diskriminatif Federasi Tenis Tunisia yang melarang pemainnya bertanding dengan petenis asal Israel.

Bulan Oktober lalu di turnamen 2013 Tashkent Challenger, Federasi Tenis Tunisia melanggar Konstitusi ITF dengan melarang Malek Jaziri bertanding melawan petenis Israel, Amir Weintraub. Perbuatan itu melanggar ketentuan tak boleh melakukan diskriminasi di setiap event yang dinaungi ITF.

Perbuatan Federasi Tenis Tunisia itu dibawa ke sidang ITF di Cagliari. Board of directors ITF sangat kecewa dengan sikap itu. Dengan suara bulat, mereka menskorsing Tunisia dari Piala Davis 2014. ITF Member dari Tunisia, Tarak Cherif abstain dalam pemungutan suara.

"Tak ada toleransi untuk sikap arogan yang mengingkari sportivitas dalam olah raga," kata presiden ITF, Francesco Ricci Bitti kepada SBI. "Inilah pesan sangat serius dari ITF untuk pertenisan Tunisia." tambah Bitti.

Keputusan ini sudah final dan akan dieksekusi di 2014.