Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalah 0-1 dari Cina, Asa Indonesia Berakhir

By Arief Kurniawan - Jumat, 15 November 2013 | 20:44 WIB
Victor Igbonefo (sctv)

1 dari Cina, Jumat (15/11) malam WIB. Gol semata wayang yang terjadi tercipta pada menit ke-45 oleh Wu Lei.

Tampil sebagai tim tamu di laga Kualifikasi Piala Asia 2015 Grup C melawan Cina, tim nasional Indonesia kesulitan untuk bisa tampil impresif di Stadion Shanxi, Xi'an. Terlebih skuat Jacksen F. Tiago tidak terbiasa bermain dengan cuaca dingin.

Alhasil, sejak menit pertama pasukan Fu Bo langsung tampil menyerang. Selama babak pertama berlangsung pun Cina terus mendominasi jalannya pertandingan.

Beberapa peluang bagus didapat Cina di sepanjang babak pertama. I Made Wirawan sebenarnya tampil bagus dengan dua kali mematahkan peluang emas Gao Lin dan Yu Dabao.

Akan tetapi, gempuran demi gempuran yang terus datang membuat pertahanan Tim Garuda akhirnya terbongkar juga. Tepat sesaat sebelum wasit menghentikan jalannya babak pertama Wu Lei sanggup memecah kebuntuan setelah menerima umpan silang.

Tidak terjadi banyak perubahan di babak kedua. Cina tetap mendominasi jalannya pertandingan. Situasi yang tidak menguntungkan tersebut memaksa pelatih Jacksen F. Tiago menambah daya gedor dengan memasukkan Zulham Zamrun dan Samsul Arif.

Perubahan strategi yang lebih menyerang tersebut tidak memberikan banyak pengaruh signifikan. Tim Garuda tetap kesulitan mencetak gol balasan. Hasilnya, hingga pertandingan berakhir skor 1-0 untuk kemenangan Cina tidak berubah.

Hasil tersebut menjadikan Indonesia sudah tidak memiliki peluang untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2015. Sementara itu, kans Cina semakin besar karena berhasil mengemas tujuh poin dan menempati posisi kedua klasemen sementara Grup C.

Susunan pemain:

Cina: Zeng Cheng, Liu Jianye, Zhang Linpeng, Zheng Zhi, Rong Hao, Huang Bowen, Zhao Xuri, Sun Ke, Gao Lin, Wu Lei, Yu Dabao.