Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Indra Sjafri Ambil Pelajaran dari Dwight Yorke cs.

By Kukuh Wahyudi - Jumat, 15 November 2013 | 23:25 WIB

19, Indra Sjafri, Eko Purjianto, dan Guntur Cahyo Utomo bertukaran pikiran dengan legenda Manchester United, Dwight Yorke, beserta Tommy Martin (Pelatih Kepala tim U-15 United) dan Mike Neary (Kepala Man. United Soccer School). Indra Sjafri dkk. mengaku banyak mendapatkan masukan setelah pertemuan yang dilakukan di Hotel Mulia, Jakarta, Jumat (15/11).

Tiga perwakilan United itu bercerita tentang kondisi pembinaan usia mudanya. Di akademi United, pemain yang dilatih merupakan pemain pilihan dan sudah dibuatkan jalur untuk tampil di level yang lebih tinggi atau senior. Sementara di Indonesia, pendidikan yang dilakukan di Sekolah Sepak Bola (SSB) kurang maksimal dalam membentuk jenjang karirnya.

"Dari segi latihan sebenarnya sama saja dengan yang ada di SSB Indonesia. Yang hanya membedakan ialah fasilitas. Sebaiknya pemerintah aktif dalam menyediakan kebutuhan itu seperti menyediakan lapangan yang berkualitas," ujar Indra, pelatih kepala timnas.

Selain itu, kualitas pelatih dalam level pembinaan usia dini masih kurang ideal. "Jadi kualitas pelatih saat ini memang masih perlu ditingkatkan lagi. Semakin banyaknya pelatih-pelatih yang berkualitas, merupakan modal bagus untuk kemajuan," kata Eko yang menjabat sebagai asisten pelatih.