Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ancelotti: Melatih Milan Adalah Pekerjaan Berat

By Arief Kurniawan - Sabtu, 16 November 2013 | 18:15 WIB
Carlo Ancelotti (Helios de la Rubia/Getty Images)

Penurunan performa yang ditunjukkan AC Milan awal musim ini mengundang simpati dari para legenda, tak terkecuali Carlo Ancelotti. Pelatih yang kini menangani Real Madrid itu menilai penurunan penampilan Milan sebagai hal yang wajar.

Ancelotti paham betul dengan kondisi yang tengah dihadapi Massimiliano Allegri dan anak asuhnya saat ini. Pasalnya, Ancelotti juga pernah mengalami masalah yang sama selama menangani Rossoneri pada periode 2003-2009.

"Menjadi pelatih Milan tidak mudah, karena hasil akhir bukan menjadi satu-satunya perhitungan. Anda juga harus mengikuti filosofi Presiden Silvio Berlusconi  yang terkait dengan citra dan permainan menghibur," tutur Ancelotti di Football Espana.

"Pelatih harus mencoba untuk memenuhi apa yang presiden mau. Mentalitas juga menjadi hal penting untuk diperhatikan selain hasil pertandingan," ujar pelatih berusia 54 tahun tersebut.

HIngga pekan ke-12 Serie A musim ini, Ricardo Kaka cs. masih tertahan di peringkat 10 dengan nilai 13. Milan baru mengemas tiga kemenangan plus empat hasil imbang dan kalah lima kali.