Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Aspac Jakarta Menang dengan Susah Payah

By Eko Widodo - Senin, 18 November 2013 | 22:41 WIB
Wahyu Widayat Jati, memberikan perasaan tenang di kuarter keempat. (NBL Indonesia)

2014 di GOR Bimasakti Malang, Senin (18/11). Masih bertumpu pada 10 pemain, Aspac akhirnya memenangi pertandingan ini 68-57.

Materi pemain Aspac  sebenarnya tak jauh berbeda dengan materi pemain saat Championship Series musim lalu. Aspac hanya  minus Andakara Prastawa, Xaverius Prawiro (ikut SEA Games), dan Pringgo Regowo yang masih cedera.

Kesulitan Aspac sangat terlihat sejak awal laga. Di kuarter satu, serangan Aspac sangat buruk dengan field goal hanya 24 persen. Pacific, menunjukkan persentase field goal yang jauh lebih baik dengan 45 persen. Meski demikian Aspac mampu unggul tipis 17-16 dari Pacific di kuarter pembuka ini.

Pacific yang tampil ngotot terus mengancam Aspac pada kuarter kedua.   Bahkan, Pacific lebih menggertak Aspac dengan menyamakan skor 19-19. Momentum tersebut, membuat Pacific bisa terus mengimbangi permainan Aspac. Hasilnya, Pacific berbalik unggul dari Aspac diakhir kuarter kedua 34-32.

Usai jeda half time, akurasi Aspac belum membaik. Berkali-kali tembakan Mario Gerungan dkk gagal membuahkan poin. Di sisi lain, Donny Ristanto, center Pacific tampil trengginas khususnya dibawah ring. Aspac pun hanya mampu memimpin dua angka saat kuarter ketiga berakhir dengan 45-43.

Di kuarter akhir, Aspac mulai menemukan gaya permainannya kembali. Tak hanya akurat, Aspac menunjukkan permainan cepat yang mematikan. Aksi individu, banyak ditampilkan pemain Aspac. Oki Wira Sanjaya, Mario Gerungan, dan Fandi Andhika Ramadhani, lebih berani melakukan drive. Cara ini terbukti ampuh dan membawa Aspac meraih kemenangan pertama mereka musim ini.

“Hingga kuarter ketiga, permainan kami sangat tidak stabil. Salah satunya, karena faktor defense dan akurasi kami yang buruk. Tapi, saat kuarter empat kami bisa menemukan banyak celah dari lawan,” ungkap Rastafari Horongbala, head coach Aspac Jakarta.

Sumber: Rilis NBL Indonesia