Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Del Bosque: Kami Tidak Sedang Bernostalgia

By Verdi Hendrawan - Selasa, 19 November 2013 | 03:53 WIB
Vicente Del Bosque (Denis Doyle/Getty Images)

Pelatih timnas spanyol, Vicente Del Bosque menegaskan bahwa tidak ada gunanya untuk terus bernostalgia dengan masa lalu saat memenangkan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Pelatih berusia 62 tahun itu meminta para pemainnya untuk menatap hari ini dan masa depan.

Kembalinya timnas Spanyol ke Afrika Selatan untuk pertama kalinya setelah menjuarai Piala Dunia 2010 sempat menguak banyak memori indah tiga setengah tahun lalu itu. Namun, Del Bosque meminta untuk berhenti memikirkan itu.

Del Bosque melihat adanya perkembangan dari timnya sejak menjadi juara Piala Dunia 2010. Ia pun berharap tim Spanyol bisa kembali memenangkan turnamen yang sama di Brasil tahun depan.

"Saya tidak sedang bernostalgia tentang masa lalu. Kami harus terus berpikir tentang apa yang sedang kami hadapi saat ini. Kami harus bisa melihat ke masa depan," tutur Del Bosque dikutip dari Football Espana.

"Sejak Piala Dunia terakhir kami terus berkembang dan semakin baik dalam bermain. Kami ingin terus mempertahankan gelar dengan memenangkan semua pertandingan di Brasil pada musim panas mendatang."

"Saya menganggap diri saya sangat beruntung untuk berada di periode paling sukses dalam sejarah sepak bola Spanyol. Kesuksesan ini bukan karena saya adalah pelatih terbaik," ungkap Del Bosque.