Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gol Cahill Menangkan Australia Atas Kosta Rika

By Oka Akhsan M. - Selasa, 19 November 2013 | 18:47 WIB
Tim Cahill, samai rekor Damian Mori. (Matt King/Getty Images)

0 dalam laga persahabatan di Stadion Allianz, Sydney, Selasa (19/11). Gol tunggal kemenangan The Socceroos dicetak oleh Tim Cahill.

Cahill mencetak gol pada menit ke-68 melalui sundulan kepala memanfaatkan umpan sepak pojok Tommy Oar. Gol itu berbau keberuntungan karena bola sempat membentur pemain Kosta Rika sebelum masuk ke dalam gawang.

Meski demikian, Australia memang lebih layak menang. Mereka mendominasi permainan dengan penguasaan bola mencapai 59 persen. Mereka juga melepaskan lima tembakan ke arah gawang berbanding nol milik Kosta Rika.

Ini menjadi kemenangan pertama Australia di bawah komando pelatih baru, Ange Postecoglou. Eks arsitek Melbourne Victory itu terpilih menggantikan Holger Osieck yang dipecat setelah Australia dua kali kalah 0-6 secara beruntun dari Prancis dan Brasil.

Sementara tambahan satu gol membuat koleksi Cahill di tim nasional Australia menjadi 25. Geladang New York Red Bulls itu menyamai rekor Damian Mori sebagai pencetak gol terbanyak untuk The Socceroos.

<object width="425" height="350" data="https://www.youtube.com/v/neXv5vyBi4Q" type="application/x-shockwave-flash"> </object>