Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gol Mertesacker Kalahkan Inggris di Wembley

By Zulfirdaus Harahap - Rabu, 20 November 2013 | 04:47 WIB
Per Mertesacker (Alexander Hassenstein/Getty Images)

1 dari Jerman melalui gol tunggal Per Mertesacker, Rabu (20/11) dini hari WIB.

Bermain di Wembley Stadium, tidak lantas membuat Inggris bernafsu sejak menit awal. The Three Lions meladeni pergerakan lambat Jerman untuk mencoba meraba-raba kekuatan lawan.

Memasuki usia 10 menit pertandingan, pemain dari kedua tim mulai unjuk gigi. Daniel Sturridge dan Heiko Westermann menjadi pemain dari kedua tim yang melakukan tendangan ke arah gawang.

Jerman akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-38 usai tandukan Mertesacker gagal diselamatkan Joe Hart. Berawal dari umpan yang dilepaskan Toni Kroos, bek Arsenal itu menanduk bola tepat ke arah pojok gawang Hart. Skor 1-0 untuk Jerman.

Inggris sebenarnya mempunyai peluang untuk menyamakan kedudukan dua menit sebelum turun minum. Sayang, tendangan Steven Gerrard dari jarak 30 meter melenceng tipis dari gawang Jerman kawalan Roman Weindenfeller.

Memasuki paruh waktu babak keduua, Jerman kembali mengancam gawang The Three Lions. Marco Reus nyaris menambah keunggulan Jerman pada menit ke-50 setelah menerima umpan matang dari Mario Gotze yang berhasil memperdaya Tom Cleverley.

Gawang Hart kembali diteror. Kali ini melalui Gozte yang menendang sepakan keras ke gawang kiper asal Manchester City itu. Beruntung Hart bermain gemilang dengan memblok tendangan gelandang Bayern Munchen tersebut.

Tidak ada lagi gol tercipta dalam pertandingan tersebut. Dua kekalahan berturut-turut Inggris di Wembley ini menjadi yang pertama sejak tahun 1977.

Susunan Pemain Inggris vs Jerman:

Inggris: Hart, Walker, Cole (Gibbs 52'), Smalling, Jagielka, Gerrard (Henderson 55'), Lallana (Lambert 76'), Cleverley (Wilshere 64'), Rooney (Barkley 71'), Townsend, Sturridge.

Jerman: Weidenfeller,  Schmelzer (Jansen 46'), Mertesacker, Boateng (Hummels 46') (Hwedes 66'), Westermann (Draxler 66'), Sven Bender, Lars Bender, Kroos, Gotze, Reus (Schurrle 82'), Kruse (Sam 56').