Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Klub Jepang yang Mencoba Andik Bertahan di J1

By Riemantono Harsojo - Minggu, 24 November 2013 | 17:19 WIB
Andik Vermansah saat berada di Jepang pada Oktober 2013. (Ario Yosia-BOLANEWS)

Ventforet Kofu, klub Jepang yang sempat mencoba penyerang Indonesia, Andik Vermansah, bertahan di J1 atau divisi satu Liga Jepang.

Kepastian tersebut diperoleh setelah pada pertandingan pekan ke-32, Sabtu (23 November), Ventforet Kofu bermain imbang 0-0 dengan Oita Trinita di kandang sendiri, Stadion Yamanashibank.


Hasil 0-0 dengan Oita Trinita membuat Ventforet Kofu bertahan di posisi 16 klasemen, batas terakhir sebelum zona degradasi.

J1 diikuti oleh 18 klub. Tiga klub sudah pasti terdegradasi, yakni Shonan Bellmare, Jubilo Iwata, dan Oita Trinita. Sementara itu, gelar juara masih diperebutkan oleh Yokohama F. Marinos, Urawa Reds, dan Sanfrecce Hiroshima.


Andik Vermansah menjalani percobaan di Ventforet Kofu selama satu pekan pada Oktober lalu. Dalam pertandingan bersama tim pelapis Ventforet Kofu pada 6 Oktober, Andik Vermansah berhasil mencetak gol ke gawang Shimizu S-Pulse di lapangan Niraza Central Park, Kofu.


Setelah percobaan, Ventforet Kofu dilaporkan berminat mengontrak Andik Vermansah. Namun, sampai saat ini belum ada berita resmi soal perekrutan Andik Vermansah. Jika jadi bergabung, pada musim 2014 pemain Persebaya 1927 itu akan tampil di J1, kompetisi yang banyak dihuni pemain-pemain tim nasional Jepang.

Tim nasional Jepang pada November ini berhasil menahan Belanda 2-2 dan mengalahkan tuan rumah Belgia 3-2 dalam laga uji coba. Jadi, jika jadi bermain di J1 pada 2014, Andik Vermansah akan mendapat kesempatan untuk menguji sekaligus meningkatkan level permainannya.