Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Legenda Manchester United, Bill Foulkes Wafat

By Arief Kurniawan - Selasa, 26 November 2013 | 03:21 WIB
Bill Foulkes saat menjadi korban selamat Tragedi Munich (Popperfoto/Getty Images)

Legenda Manchester United, Bill Foulkes, wafat pada usia 81 tahun. Foulkes adalah salah satu pemain yang selamat dalam Tragedi Munich tahun 1958.

Meskipun tidak produktif dalam urusan mencetak gol, namun Bill Foulkes telah menyumbang beberapa piala dalam 18 tahun kariernya bersama Setan Merah. Foulkes berhasil mengumpulkan empat medali Championship League, Piala FA 1963, dan Piala Eropa 1968.

Memulai debut bersama Manchester United saat melawan Liverpool pada tahun 1952, Foulkes lalu dipanggil tim nasional Inggris tahun 1954 pada usia 22 tahun.

Foulkes berhasil mengemas 688 penampilan besama Manchester United di semua kompetisi sebelum memutuskan untuk gantung sepatu pada tahun 1970. Tetapi, 12 tahun sebelumnya, Foulkes berhasil selamat pada kecelakaan pesawat di Jerman yang merenggut begitu banyak nyawa dari rekan setimnya.

Sir Bobby Charlton, mengaku sedih atas kepergian rekan setimnya. Menurutnya, Foulkes adalah sosok pemain yang kuat.

"Dia adalah seorang pemain yang kuat seperti paku. Saya selalu senang karena tidak bermain melawan dia. Dia benar-benar pemain yang baik dalam hal bertahan," kata Charlton seperti dikutip Sky Sports.

Wakil ketua Manchester United, Ed Woodward, juga turut kehilangan atas meninggalnya Foulkes. Woodward mengatakan bahwa kontribusi Foulkes untuk klub tidak akan terlupakan.

"Saya merasa terhormat pernah bertemu dengannya dalam beberapa kesempatan. Kontribusinya di hampir 700 pertandingan dalam hampir 20 tahun tidak akan pernah terlupakan," kenang Woodward.