Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Raih 'Pole Position' GP Kanada, Hamilton Terima Kado Istimewa

By Diya Farida Purnawangsuni - Minggu, 11 Juni 2017 | 14:20 WIB
Pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, berpose dengan helm balap milik mendiang Ayrton Senna. Helm tersebut diberikan keluarga Senna kepada Hamilton sebagai apresiasi atas keberhasilan Hamilton menyamai rekor pole position Senna setelah mengunci posisi start paling depan pada GP Kanada, di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, Sabtu (10/6/2017). (MARK THOMPSON/GETTY IMAGES/AFP PHOTO)

Keberhasilan pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, meraih posisi start paling depan pada GP Kanada 2017 tak cuma membawanya menyamai rekor pole position milik mendiang Ayrton Senna.

Lebih dari itu, Hamilton juga menerima kado istimewa berupa helm balap yang pernah digunakan pebalap Formula 1 (F1) legendaris asal Brasil tersebut. Helm berwarna kuning tersebut diberikan atas inisiatif dari pihak keluarga Senna.

"Wow. Saya gemetar," ucap Hamilton yang dilansir BBC, Minggu (11/6/2017).

"Saya tahu bagi banyak pebalap, Ayrton adalah pebalap favorit mereka. Demikian juga dia bagi saya. Dia menginspirasi saya untuk menjadi saya hari ini. Jadi, untuk bisa menerima hadiah ini adalah kehormatan besar," kata Hamilton lagi.

Hamilton meraih pole position ke-65 (setara dengan Senna) setelah mencatat waktu putaran paling cepat pada sesi kualifikasi GP Kanada di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, Sabtu (10/6/2017).

Pebalap Inggris tersebut melahap satu putaran sirkuit dalam tempo 1 menit 11,459 detik atau lebih cepat 0,33 detik atas Sebastian Vettel (Ferrari).

Posisi start paling depan ini bakal menambah peluang Hamilton memenangi GP Kanada untuk kali keenam.

Hingga partisipasi ke-10 yang terjadi pada musim lalu, Hamilton tercatat sudah lima kali naik podium juara di Montreal.

Pebalap 32 tahun itu menjadi kampiun GP Kanada pada 2007, 2010, 2012, 2015, dan 2016. Jika mampu menjuarai GP Kanada musim ini, Hamilton akan mencatat tiga kemenangan beruntun alias hat-trick.

"Saya sangat senang. Montreal telah memberi hasil yang baik untuk saya dalam beberapa tahun terakhir," tutur Hamilton.