Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Banding Ditolak CAS, Atletico Madrid Tetap Dikenai Embargo Transfer

By Ade Jayadireja - Kamis, 1 Juni 2017 | 19:34 WIB
Reaksi penyerang Atletico Madrid, Antoine Griezmann, seusai laga leg kedua semifinal Liga Champions kontra Real Madrid di Stadion Vicente Calderon, Madrid, Spanyol, pada 10 Mei 2017. (JAVIER SORIANO/AFP)

Atletico Madrid dipastikan tidak bisa beraktivitas di bursa transfer setelah banding mereka ditolak oleh Pengadilan Arbitrase (CAS).

Sebelumnya, Atletico Madrid telah mengajukan banding setelah diganjar hukuman oleh FIFA setelah terbukti melanggar peraturan terkait perekrutan pemain asing di bawah umur.

Upaya Atletico untuk meringankan hukuman dengan mengajukan banding ke CAS pun kini menemui jalan buntu. Artinya, klub berjulukan Los Rojiblancos itu dilarang melakukan pembelian pemain dalam dua bursa transfer atau sampai Januari 2018.

Kendati demikian, CAS memangkas denda Atletico yang tadinya 900 ribu franc (Rp 12,3 miliar) menjadi 550 ribu franc.

Baca juga:

Rival sekota Atletico, Real Madrid, juga diganjar hukuman larangan membeli pemain dalam dua jendela transfer. Namun, El Real mendapat keringanan dari CAS sehingga bisa kembali belanja pada musim panas 2017.

Hal tersebut lantas membuat Los Rojiblancos meradang. Mereka merasa diperlakukan tidak adil.

"Keputusan ini tidak adil dan menyebabkan kerusakan di klub," demikian bunyi pernyataan dari Atletico.

Pada prosesnya, CAS mengurangi skorsing Madrid tetapi perlakuan serupa tidak didapatkan Atletico. Los Rojiblancos pun meradang.

Hukuman serupa pernah dialami FC Barcelona. Sang raksasa Catalan tidak diperbolehkan mengangkut pemain selama musim panas 2014 dan musim dingin 2015. Perkaranya sama, yakni pelanggaran perekrutan pemain asing di bawah umur.