Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jadi 'Pengangguran' pada FP 2 GP China, Hamilton Sebar Topi ke Penggemar

By Diya Farida Purnawangsuni - Jumat, 7 April 2017 | 15:40 WIB
Pebalap Formula 1 (F1) yang membela tim Mercedes, Lewis Hamilton, memberi tanda tangan di halaman majalah yang dibawa penggemarnya di area paddock Sirkuit Shanghai Internasional, Shanghai, China, Kamis (6/7/2017). Hamilton akan menjalani seri balap F1 kedua musim, GP China, pada akhir pekan ini. (JOHANNES EISELE/AFP PHOTO)

Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, terpaksa menjadi "pengangguran" saat sesi latihan bebas kedua (free practice/FP 2) GP China di Sirkuit Shanghai Internasional, Jumat (7/4/2017), tak kunjung dimulai.

Hamilton yang tidak mau mati kutu pun akhirnya memilih menghampiri para penggemar dan menyebar topi merchandise dari tim Mercedes yang sudah dibubuhi tanda tangannya.

Hamilton beserta 20 pebalap Formula 1 (F1) lain urung menjalani sesi FP 2 GP China karena jarak pandang yang minim.

Akibat masalah ini, helikopter medis tidak dapat melakukan pendaratan di rumah sakit yang dirujuk sebagai tempat pertolongan apabila terjadi insiden di lintasan.

Mengacu pada hal tersebut, race director Charlie Whiting membatalkan sesi FP 2.

"Helikopter (medis) tidak bisa mendarat di rumah sakit yang berjarak sekitar 38 kilometer dari sini," ujar Whiting yang dilansir Motorsport.

"Di sini mereka terlihat bisa terbang dan ada beberapa helikopter lain yang terbang di sini, tetapi helikopter-helikopter tersebut tidak bisa mendarat di Shanghai," kata Whiting lagi.

Pembatalan sesi FP 2 pada seri balap Formula 1 (F1) GP China merupakan yang pertama sejak GP Amerika Serikat (AS) di Circuit of the Americas, Austin, pada 2015.

Hamilton dan para rivalnya akan kembali ke lintasan balap di Sirkuit Shanghai Internasional pada Sabtu (8/4/2017) mulai pukul 12.00 waktu setempat atau 11.00 WIB untuk menjalani sesi FP 3.

Berikutnya, jadwal GP China 2017 berlanjut ke sesi kualifikasi yang akan dimulai pada pukul 14.00 waktu setempat atau 13.00 WIB.