Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Liverpool Siap Tinggalkan Melwood dan Pindah ke Kirkby

By Kamis, 23 Februari 2017 | 03:22 WIB
Tempat latihan Liverpool, Melwood. Rencananya Liverpool akan menjual tempat ini karena tempat latihan dipusatkan di akademi klub, yang nantinya akan diperluas dan dilengkapi semua fasilitas. (ALOYSIUS GONSAGA ANGI EBO/JUARA.net)

Liverpool memberikan konfirmasi bahwa mereka akan menjual tempat latihan saat ini di Melwood untuk pindah ke wilayah akademi klub di Kirkby. Melalui situs resminya, klub berjulukan The Reds ini mengeluarkan pengumuman tersebut pada Rabu (22/2/2017).

Liverpool memiliki rencana membangun tempat pemusatan latihan terpadu senilai 50 juta poundsterling (sekitar Rp 832,128 miliar). Mereka akan memperluas akademi klub.

Jika pindah maka tempat latihan saat ini di Melwood tidak akan terpakai lagi. Karena itu, klub elite Premier League tersebut akan menjual fasilitas Melwood yang ada di West Derby.

Manajer legendaris Liverpool, Bill Shankly, menjadi orang yang paling berperanan sehingga berdirilah Melwood yang digunakan sejak 1959. Dia yang mengubah tempat itu menjadi fasilitas papan atas karena di sana tersedia semua kebutuhan untuk latihan, termasuk tempat fitness, kolam renang serta ruang makanan plus sarana rekreasi.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, sangat mendukung rencana perpindahan ini serta pengembangan fasilitas di akademi. Menurut Klopp, Liverpool harus memiliki fasilitas yang lebih besar dan lengkap untuk mengakomodasi tim pertama serta akademi.

Andai proposal pengembangan tersebut diterima, maka pengerjaan diperkirakan akan selesai pada 2019. Pekerjaan tersebut antara lain merenovasi sejumlah fasilitas yang sudah ada di akademi serta mengonversi lapangan utama menjadi lapangan indoor.

Pada 8 Maret nanti, klub lebih dulu melakukan konsultasi publik dengan warga dan pengusaha setempat di Northwood Community Centre. Mereka akan berdiskuasi tentang semua rencana secara detail.