Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Musim 2017, Tradisi Talenta Papua di Semen Padang Makin Kuat

By Yosrizal - Sabtu, 28 Januari 2017 | 22:01 WIB
Trio pemain senior Semen Padang yang asli Papua untuk musim 2017, Vendry Mofu (kiri), Boas Atururi, dan Fandry Imbiri (kanan) di lapangan Indarung, Padang, Jumat (27/1/2017). (YOSRIZAL/JUARA.NET)

PADANG, JUARA.net – Talenta sepak bola dari Papua memang luar biasa. Semen Padang pun taka sing dengan pesepak bola berbakat asal provinsi paling timur negeri ini.

Era akhir 1990-an, Semen Padang punya Herman Pulalo dan Alexander Pulalo. Sampai kini, jejak sentuhan anak Papua tetap menjadi warna di tim berjulukan Kabau Sirah.

Hebatnya, hampir semua yang pernah singgah di klub BUMN itu menjadi  bintang dan pernah merasakan dipanggil timnas Indonesia.

Duo Pulalo pernah lama berkostum berlambang burung Garuda di dada. Kemudian masuk generasi kedua, Elie Aiboy. Bahkan, winger kanan ini menjadi bintang timnas lebih dari 10 tahun.

”Mereka memang punya talenta luar biasa. Tak heran, bila mereka ada di mana-mana."

Pelatih Semen Padang, Nilmaizar

Setelah itu datang Vendry Ronaldo Mofu serta Muhammad Nur Iskandar. Mofu juga empat berkostum timnas.

Hebatnya lagi, dari semua talenta dari Papua di Semen Padang itu menjadi Sumando Urang Minang. Semuanya berjodoh dengan gadis Minang.

Silih bergantinya anak Papua di Semen Padang, sampai kini terus terjadi. Selain masih menyisakan Mofu dan Fandry Imbiri, datang lagi anak baru yang bakal mengisi skuat Semen Padang musim 2017.

Baca juga:

Pemain ini adalah Boas Atururi, yang memastikan diri gabung bersama dua seniornya, Mofu dan Fandry.

Tak cukup itu. Dua pilar muda dari Papua juga tengah berjuang untuk mengisi slot pemain U-23. Mereka adalah winger kiri Pablo Cesar Warobai dan gelandang Ferdinand Ayomi.