Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Piala Liga, Turnamen Favorit Jose Mourinho

By Lariza Oky Adisty - Jumat, 27 Januari 2017 | 16:28 WIB
Manajer Manchester United, Jose Mourinho, membuat catatan dalam laga Premier League kontra Liverpool FC di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, 15 Januari 2017. (OLI SCARFF/AFP)

Manchester United punya kesempatan meraih trofi Piala Liga setelah lolos ke babak final, Kamis (26/1/2017). Apalagi, pelatih mereka, Jose Mourinho, punya tradisi baik di turnamen tersebut.

Setan Merah lolos ke final Piala Liga walau kalah 1-2 dari Hull City pada semifinal kedua di Stadion KCOM, Kamis (26/1/2017) atau Jumat dini hari WIB.

Dua gol kemenangan Hull pada laga ini dicetak oleh Tom Huddlestone (35') dan Baye Oumar Niasse (85'). Adapun gol balasan tim tamu dicetak Paul Pogba (66').

Manchester United tetap melangkah ke final lantaran punya tabungan keunggulan dua gol pada pertemuan pertama. Pasukan Mourinho lolos dengan agregat 3-2.

Selanjutnya, Pogba dkk akan menantang Southampton pada babak final di Wembley, 26 Februari mendatang.

Segalanya memang bisa terjadi pada babak final. Namun, Man United boleh berharap pada catatan positif Mourinho di Piala Liga.

Sepanjang karier kepelatihannya, pria asal Portugal itu tiga kali lolos ke final Piala Liga dan sukses memenangi ketiganya.

Semua gelar Piala Liga diraih Mourinho saat masih berstatus sebagai pelatih Chelsea. Trofi pertama direngkuh pada musim 2004-2005.

Ketika itu, The Blues menang 3-2 atas Liverpool pada babak final. Kesuksesan tersebut terulang dua musim kemudian, yaitu musim 2006-2007.

Rival sesama tim London, Arsenal, menjadi korban Chelsea selanjutnya. Dua gol Didier Drogba mematahkan keunggulan The Gunners lewat gol Theo Walcott, sekaligus menggaransi trofi Piala Liga untuk Chelsea.