Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Juergen Klopp Gelar Rapat Besar di Liverpool

By Sabtu, 28 Januari 2017 | 01:15 WIB
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, saat mendampingi para pemainnya melawan Plymouth Argyle dalam partai Piala FA di Home Park, Plymouth, Rabu (18/1/2017) (BEN STANSALL/AFP)

Biasanya, setelah pertandingan di Premier League, Manajer Liverpool, Juergen Klopp, hanya akan berbicara selama lima menit dengan pemainnya di ruang ganti. Pembicaraan itu untuk mengulas apa yang terjadi di lapangan.

Penulis: Dian Savitri

Sehari setelah pertandingan akan diadakan sesi pemulihan. Namun, tidak demikian ketika Liverpool kalah 2-3 dari Swansea City di Anfield, 21 Januari lalu. Klopp perlu membuat sebuah rapat besar setelah hasil itu.

Kelar pertandingan sial itu, manajer asal Jerman tersebut bicara selama satu setengah jam dengan pemainnya.

Pembicaraan itu tidak hanya berisi kata-kata, tapi juga dilengkapi dengan sebuah presentasi yang menunjukkan semua kekurangan dan kelebihan tim dalam beberapa pekan terakhir.

Menurut The Telegraph, di rapat besar itu, Klopp menuntut perkembangan dari pemainnya. Namun, ia juga menyebutkan betapa bagusnya permainan mereka sehingga target yang ditetapkan pada awal musim masih dalam jangkauan.

Rapat seperti itu adalah yang pertama kalinya dilakukan oleh Klopp. Ia merasa harus melakukannya sebagai respons langsung dari aura negatif yang dirasakannya di sekitar klub, bahkan sebelum kalah dari Swansea.

Dua laga sebelum Swansea dilalui dengan hasil seri, yaitu 2-2 melawan Sunderland (2/1/2017) dan 1-1 dengan Manchester United (15/1/2017).


Fernando Llorente merayakan gol Swansea City ke gawang Liverpool pada partai lanjutan di Stadion Anfield, Sabtu (21/1/2017).(ANTHONY DEVLIN/AFP)

Dari pembicaraan itu, ada satu hal positif yang muncul, yaitu pulihnya Philippe Coutinho. Pemain Brasil itu juga sudah setuju untuk berada di Liverpool hingga Juni 2022.

Pada 24 Januari lalu, Coutinho resmi bergaji 150 ribu pounds per pekan, menjadi pemain Liverpool dengan gaji tertinggi.

Menurut The Mirror, gaji itu potensial bertambah menjadi 200 ribu kalau ditambah dengan berbagai bonus. Kembalinya Coutinho dari cedera akan menjadi hal yang penting demi kelangsungan perjuangan Liverpool hingga akhir musim ini. 

Pemilik Liverpool, Fenway Sports Group, tidak mau membuang waktu. Coutinho punya nilai tinggi untuk klub.

Baca Juga:

“Kami mengadakan sebuah rapat lama setelah pertandingan sehingga saya bisa bersiap menghadapi sisa musim ini. Rapat itu adalah murni football meeting, dengan tambahan beberapa hal yang mendukung. Rapat itu harus diadakan karena target tahun ini belum berubah,” kata Klopp.

“Bukan karena klub-klub lain membuat banyak peluang. Hal itu tanda yang bagus. Hanya, mereka tidak membuat banyak peluang, namun tetap bisa membobol gawang kami. Karena itu, kami bicara tentang hal itu dan beberapa tema lainnya,” lanjut Klopp.

[video]https://video.kompas.com/e/5292092577001[/video]