Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

CR7: Bukan Pekerjaan Saya untuk Menyenangkan para Kritikus

By Lariza Oky Adisty - Rabu, 25 Januari 2017 | 22:16 WIB
Cristiano Ronaldo meratapi kekalahan Real Madrid dari Celta Vigo pada partai perempat final pertama Copa del Rey di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (18/1/2017). (JAVIER SORIANO/AFP)

Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, tidak peduli dengan kritik yang menerpanya saat gagal mencetak gol. Ronaldo mengatakan fokusnya adalah membuat para suporter bahagia.

Ronaldo menjadi sasaran cemoohan penonton saat Real Madrid menang 2-1 atas Malaga pada lanjutan La Liga, 21 Januari 2017 lalu.

Pasalnya, pemain berusia 31 tahun tersebut gagal mengonversi sejumlah peluang di depan gawang lawan menjadi gol.

Kebuntuan Ronaldo tidak menghalanginya meraih penghargaan dari situs olahraga asal China, dongqiudi.com, sebagai pemain terbaik tahun 2016.

Dalam wawancara dengan situs tersebut, Ronaldo mengatakan bahwa dia tidak ambil pusing dengan orang-orang yang mengajukan kritik.

"Saya tidak peduli dengan cemoohan. Tidak semua orang menyukai kita, apapun alasannya. Namun, saya tidak bermain untuk menyenangkan orang-orang yang mengkritik saya dan hanya fokus membahagiakan para fans, serta orang yang memperlakukan saya dengan baik," tutur Ronaldo.

Pelatih El Real, Zinedine Zidane, sempat menyinggung tentang cemoohan yang ditujukan untuk Ronaldo.

Menurut Zidane, para penonton tidak usah bersikap terlalu keras saat eks pilar Man United itu gagal mencetak gol.

Ronaldo pun mengakui keberadaan Zidane memberi ketenangan untuk dirinya, juga untuk seluruh tim.

"Kami semua menghormati Zidane, baik saat dia masih bermain, maupun sekarang sebagai pelatih. Dia punya rencana kuat dan memberi ketenangan yang dibutuhkan Real Madrid. Zidane membawa kami tidak terkalahkan selama 40 laga dan mengubah mentalitas kami," ujar Ronaldo.