Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jorge Lorenzo Ingin Habiskan Karier di Ducati

By Diya Farida Purnawangsuni - Rabu, 25 Januari 2017 | 18:14 WIB
Pebalap tim Ducati asal Spanyol, Jorge Lorenzo, berada di dalam paddock tim Ducati saat mengikuti test pra-musim MotoGP di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, (13/11/2016). (JOSE JORDAN/AFP PHOTO)

Pebalap MotoGP asal Spanyol, Jorge Lorenzo, mengaku ingin menghabiskan karier bersama Ducati. Lorenzo juga bertekad pensiun sebagai seorang legenda.

"Saya bergabung dengan Ducati untuk menghabiskan karier di sini, meskipun kamu tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam hidup," tutur Lorenzo kepada Gazetta dello Sport yang dilansir Motorsport, Rabu (25/1/2017).

"Namun, tujuan saya adalah pensiun sebagai Ducatista dan jika memungkinkan sebagai seorang legenda," kata Lorenzo lagi.

Lorenzo hijrah ke Ducati setelah menghabiskan sembilan musim di Yamaha, termasuk enam musim bertandem dengan Valentino Rossi.

Bukan rahasia jika relasi Lorenzo dan Rossi berjalan kurang baik. Hal ini diakui Lorenzo yang menyebut dua musim terakhir bersama Yamaha berjalan sangat sulit.

Atas alasan tersebut, Lorenzo akhirnya memilih hengkang ke Ducati.

"Bertahan dengan Yamaha adalah opsi yang sangat baik, secara finansial serta kekuatan tim dan performa motor. Namun, saya memilih Ducati," ucap juara dunia MotoGP tiga kali itu.

[video]https://video.kompas.com/e/5294647909001_v1_pjuara[/video]

"Saya memahami pentingnya Rossi untuk Yamaha, setelah apa yang sudah dia berikan, kemenangan-kemenangannya, gelar juara dunianya, dan relevansi karakternya yang dibutuhkan tim pemasaran. Hal yang wajar untuk tim pabrikan seperti Yamaha fokus ke dia," kata Lorenzo.

Lorenzo menyudahi karier balapnya bersama Yamaha dengan hasil bagus. Dia memenangi seri balap pamungkas MotoGP 2016 yang digelar di Valencia, Spanyol.