Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pogba: Tugas Saya Bukan Bikin Gol

By Ade Jayadireja - Selasa, 17 Januari 2017 | 07:41 WIB
Gelandang Manchester United, Paul Pogba, merayakan gol ke gawang Fenerbahce pada laga Liga Europa, Kamis (20/10/2016) (LAURENCE GRIFFITHS/GETTY IMAGES)

Gelandang Manchester United, Paul Pogba, tak mau dinilai hanya berdasarkan kontribusi golnya untuk klub.

Pogba baru mencetak empat gol dalam 21 penampilan di Premier League 2016-2017. Jumlah tersebut dianggap kurang untuk seorang pemain berharga 89,3 juta pounds (Rp 1,4 triliun).

Kritik semakin mengalir deras setelah Pogba minim kontribusi saat United bermain imbang 1-1 melawan Liverpool FC di Old Trafford, Minggu (1/15/2017).

Pemain berusia 23 tahun itu sama sekali tak mencatatkan tembakan tepat sasaran. Selain itu, dia juga menjadi biang gol penalti Liverpool. 

Terus dihujani kritik, Pogba merespons dengan menyatakan bahwa tugasnya bukanlah mencetak gol. Banyak hal lain yang menurutnya lebih penting dari menjebol gawang lawan.

Baca juga:

"Tugas saya sebagai gelandang bukan mencetak gol. Saya bisa membuat perbedaan dalam permainan, tetapi juga memiliki pekerjaan lain," ucap bintang timnas Prancis itu.

"Saya harus membantu pertahanan dan mendikte permainan. Itu juga menjadi pertanyaan dari kemampuan saya," kata Pogba.

Sebelum menerima pinangan United, Pogba punya banyak opsi. Ia bisa saja bergabung dengan Real Madrid atau FC Barcelona.

Namun, kata hati menuntun sang gelandang untuk melangkah ke Setan Merah, tim yang pernah dibelanya selama periode 2011–2012.