Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Buru Gelar di Birmingham

By Kamis, 12 Januari 2017 | 15:45 WIB
Aksi pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, saat menghadapi pasangan Denmark, Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding, pada hari kedua ajang turnamen bulu tangkis Dubai World Super series Finals di Hamdan Sports Complex, Dubai, pada 15 Desember 2016. (STRINGER/AFP)

Pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menjadi pemain Indonesia dengan ranking dunia tertinggi saat ini yakni peringkat kedua Federasi Bulu Tangkis Dunia (Badminton World Federation/BWF).

Penulis: Aprelia Wulansari

Peringkat pertama dunia diisi oleh pasangan Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong. Marcus/Kevin mengoleksi 69.051 poin, sedangkan Goh/Tan memiliki 76.797 poin.

"Perbedaan mereka hanya 7.746 poin. Pemain Malaysia meraihnya dengan mengikuti 22 turnamen, sedangkan Marcus/Kevin hanya mengikuti 17 turnamen. Jadi, perbedaannya tak terlalu banyak,” ucap Herry Iman Pierngadi, pelatih kepala ganda putra.

"Sebenarnya, ranking kesatu dan kedua sudah hampir sama karena ranking itu menentukan drawing. Jadi, target ke pasangan ini adalah hasil, bukan lagi ranking,” ucap pelatih berusia 54 tahun tersebut.

Karena itu, pasangan ini diharapkan bisa mendapatkan gelar di All England,yang akan digelar di Barclaycard Arena, Birmingham, Inggris, 7-12 Maret.

Pada All England tahun lalu, Marcus/Kevin langsung gugur pada babak pertama. Kala itu, pasangan ini dikalahkan duo China, Fu Hai Feng/Zhang Nan, dengan skor 21- 14, 19-21, 21-17.

Pada 2015, Marcus/Kevin sampai ke perempat final. Kala berpasangan dengan Markis Kido pada 2014, Marcus pernah ke semifinal.

Selain Marcus/Kevin, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, yang duduk di ranking tujuh dunia, juga bakal berburu gelar di Birmingham.