Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gary Neville Dianggap Pelatih Valencia Terburuk

By Ade Jayadireja - Minggu, 8 Januari 2017 | 09:15 WIB
Pelatih Valencia, Gary Neville, saat melakukan konferensi pers jelang pertandingan menghadapi Olympique Lyonnais di Paterna Training Centre, Valencia, Spanyol, pada 8 Desember 2015. (MANUEL QUIMADELOS ALONSO/GETTY IMAGES)

Mantan Presiden Valencia, Paco Roig, punya kesan negatif terhadap Gary Neville. Ia menganggap legenda Manchester United itu sebagai pelatih terburuk dalam sejarah klub berjulukan El Che.

Hanya 119 hari Gary Neville menangani Valencia sejak diangkat pada 2 Desember 2015. Catatan 10 kemenangan, tujuh seri, dan 11 kekalahan dalam 28 laga berujung pemecatan.

Dengan kata lain, presentase kemenangan Neville selama menduduki kursi pelatih di Valencia adalah 35,7 persen.

Roig menganggap penunjukkan Neville adalah sebuah kesalahan besar yang dilakukan Peter Lim selaku pemilik Valencia.

Sebelum membesut Valencia, Neville memang tak punya pengalaman sebagai pelatih kepala. Ia sekadar menjadi asisten pelatih di timnas Inggris.

Baca juga:

"Apa yang diketahui pemilik klub tentang sepak bola? Seorang pandit asal Inggris datang dan dia adalah pelatih terburuk yang pernah saya lihat," ucap Roig.

Jika menilik data presentase kemenangan, sebenarnya Neville bukanlah pelatih terburuk dalam sejarah Valencia.

Pemilik presentase terendah di Valencia adalah Hector Nunez. Menjabat di Stadion Mestalla dari Desember 1993 sampai Maret 1994, pelatih asal Uruguay itu mencatatkan kemenangan 21,43 persen.

[video]https://video.kompas.com/e/5273665504001_v1_pjuara[/video]