Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Viral di Sepak Bola pada 2016, 'Mannequin Challenge' Hingga 'Om Telolet Om'

By Segaf Abdullah - Minggu, 1 Januari 2017 | 10:48 WIB
Status Facebook Real Madrid yang bertuliskan (FACEBOOK)

Beberapa tren menarik tercipta di ranah sepak bola pada 2016. Tidak hanya menyoal hasil sebuah laga yang dihimpun dalam bentuk statistik yang kaku, tingkah polah para pemain di luar lapangan hijau pun menarik disimak.

Terhitung, dua 'challenge' dan satu frasa asal Indonesia menjalar ke dunia sepak bola. Selain ikut-ikutan, boleh jadi tren tersebut dimanfaatkan para pemain untuk mengatasi kejenuhan rutinitas latihan.

Konsep dua tantangan yang ada mirip dengan tren yang sempat viral sebelumnya seperti 'Harlem Shake', 'Ice Bucket Challenge', atau 'Dab Dance' sekali pun. Sementara satu frasa yang sempat terkenal itu, menjadi yang paling tidak biasa.

Berikut tren di masyarakat umum pada 2016 yang menjamah sepak bola dunia:

1. Running Man Challenge

Barangkali banyak orang yang terbesit tantangan ini berasal dari terkenal dari Korea Selatan dengan nama yang sama. Bukan!

Tantangan ini populer setelah dua pebasket asal University of Maryland Jaylen Brantley dan Jared Nickens iseng melakukannya selepas latihan.

Tantangan ini terbilang mudah dilakukan. Pelakunya tinggal melakukan gerakan seperti berlari di tempat atau ala dansa hip-hop.

Biasanya, tantangan ini diiringi lagu 90an milik DJ Ghost Town yang berjudul My Boo.

Klub sepak bola kondang dunia semodel Bayern Muenchen, timnas Brasil, hingga timnas Indonesia pun melakukan running man challenge.