Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Klopp Sambut Positif Pep Guardiola

By Anggun Pratama - Jumat, 30 Desember 2016 | 16:29 WIB
Manajer Liverpool, Juergen Klopp, merayakan kemenangan timnya atas Sunderland dalam ajang Premier League, di Stadion Anfield, Sabtu (26/11/2016). (PAUL ELLIS/AFP)

Juergen Klopp merupakan salah satu pelatih yang hijrah dari Bundesliga ke Premier League. Klopp pun menyambut positif kehadiran Pep Guardiola yang datang ke Manchester City setelah melatih Bayern Muenchen.

Klopp resmi menjadi pelatih Liverpool pada Oktober 2015. Sudah setahun lebih ia merasakan ketatnya kompetisi Premier League.

Pria Jerman itu lantas menyebut Pep layak mendapat kredit luar biasa karena berani menguji karier fantastisnya dengan melatih klub Premier League meski ia punya opsi lebih mudah.

"Pep datang dengan kesadaran tinggi. Ia bisa saja mendapatkan pekerjaan lebih mudah dengan liga yang lebih mudah. Ia bisa kerja dimana saja, tetapi memilih datang ke Inggris. Pep pasti sadar 100 persen dengan tantangan besar yang akan menghadang," tutur Klopp.

[video]https://video.kompas.com/e/5263101787001[/video]

Klopp sudah pernah menyebut Premier League jauh lebih rumit ketimbang Bundesliga kepada Pep pada Februari silam. Saat itu, Pep baru memastikan diri bakal menjadi pengganti Manuel Pellegrini di City.

Peringatan itu betul melihat City kini ada di peringkat tiga. Klub Manchester Biru pernah merasakan kekalahan pahit dari Leicester, Chelsea, atau Tottenham.

Semua tim di Premier League bisa saling mengalahkan.

"Guardiola punya filosofi jelas soal gaya bermain dan itu merupakan ide bagus. Ia punya karier fantastis. Anda harus selalu beradaptasi dengan pemain yang Anda punya, dan itulah yang sedang dilakukan Pep, dan itulah yang kami, para pelatih, lakukan," ucap Klopp.

[video]https://video.kompas.com/e/5262847848001[/video]