Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Guardiola Jadi Mata-mata di Kandang Liverpool

By Ade Jayadireja - Rabu, 28 Desember 2016 | 05:07 WIB
Manajer Manchester City, Josep Guardiola, mendampingi timnya dalam partai Premier League kontra Watford, di Stadion Etihad, Rabu (14/12/2016) waktu setempat. (PAUL ELLIS/AFP )

Ada tamu istimewa dalam laga Boxing Day antara Liverpool FC dan Stoke City, Selasa (27/12/2016). Sosok tersebut adalah manajer Manchester City, Pep Guardiola.

Duel Liverpool versus Stoke berlangsung di Anfield. Pertempuran dimenangi The Reds dengan skor 4-1.

Stoke unggul lebih dulu melalui Jonathan Walters pada menit ke-12. Liverpool kemudian membalas lewat Adam Lallana (34'), Roberto Firmino (44'), gol bunuh diri Gilbert Imbula (59'), dan Daniel Sturridge (70').

Dalam satu kesempatan, kamera televisi menangkap keberadaan Guardiola di tengah ribuan penonton yang memadati stadion. Memakai topi driving cap, eks juru taktik FC Barcelona dan Bayern Muenchen itu tampak serius menyaksikan pertandingan.

Guardiola tak datang sendirian. Di sana ada pula mantan pelatih Manchester United yang kini membesut Sunderland, David Moyes.

Kehadiran Guardiola di Anfield tampaknya bukan sekadar ingin menghabiskan waktu. Kunjungan sang nakhoda bisa jadi merupakan salah satu bentuk persiapan menjelang laga melawan Liverpool.

Sehari sebelum pergantian tahun, tepatnya Sabtu (31/12/2016), Guardiola akan membawa pasukan City bertandang ke markasLiverpool.

Baca juga:

Wajar kalau Guardiola memantau secara langsung permainan Liverpool. Pasalnya, ia belum punya pengalaman menghadapi tim pengusung warna merah tersebut.

Namun, Guardiola memiliki pengalaman berduel dengan Juergen Klopp selaku manajer Liverpool. Semua bentrokan terjadi ketika kedua pelatih berkarier di Jerman.

Saat masih berstatus pelatih Muenchen, Guardiola total delapan kali bersua Borussia Dortmund asuhan Klopp. Hasilnya adalah ia memperoleh empat kemenangan dan empat kali kalah.