Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ini Tanda-tanda Mesin Perang Chelsea Melambat?

By Firzie A. Idris - Minggu, 25 Desember 2016 | 15:36 WIB
Penyerang Chelsea, Eden Hazard, terkena tackle dari bek Crystal Palace, Damien Delaney, pada laga Crystal Palace dan Chelsea di Selhurst Park, London, pada 17 Desember 2016. (CLIVE ROSE/GETTY IMAGES)

Chelsea akan memasuki laga-laga festive season dengan keunggulan 6 poin dari Liverpool di puncak klasemen Premier League. Namun, ada tanda-tanda bahwa mesin pasukan Antonio Conte melambat. 

Hal ini tercatat dari statistik Opta. Eden Hazard cs tak bisa mencatatkan big chance (kesempatan besar mencetak gol) dalam tiga laga terakhir.

Perusahaan statistik asal Inggris itu mendefinisikan big chance sebagai "situasi di mana seorang pemain seharusnya bisa mencetak gol, biasanya hal ini meliputi skenario satu-vs-satu dengan kiper atau dari jarak sangat dekat".

Nah, selama tiga laga terakhir kontra West Brom, Sunderland, dan Crystal Palace, Chelsea hanya mencatatkan 0 big chance dari 44 tembakan mereka!

[video]https://video.kompas.com/e/5252445425001[/video]

Padahal, rataan Chesea sejak berganti formasi menjadi 3-4-3 pada pekan ke-7 dan sebelum trio partai itu adalah 2,2 big chance/laga.

Untung bagi para suporter The Blues, tim kesayangan mereka masih mengamankan tiga poin di laga-laga tersebut yang memperpanjang rentetan kemenangan klub menjadi 11 laga.

Diego Costa menjadi penyelamat kontra West Brom dan Palace berkat golnya yang datang dari situasi tak terduga.

Tampaknya, para lawan Chelsea kini lebih rela menunggu serangan dan bertahan lebih ke dalam. Tim-tim tadi juga tak memberi tekanan lebih saat Hazard cs memainkan si kulit bundar.

Indikasi dari hal ini adalah possession mereka yang bengkak dari 51,4% pada pekan ke-7 sampai 14 menjadi 60,5% dari trio partai tadi.