Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Klopp Tidak Bisa Pastikan Coutinho akan Kembali Kontra Manchester City

By Lariza Oky Adisty - Sabtu, 24 Desember 2016 | 23:14 WIB
Gelandang Liverpool, Philippe Coutinho, mengerang kesakitan setelah berbenturan dengan gelandang Sunderland, Didier Ndong, dalam laga Premier League di Stadion Anfield, Sabtu (26/11/2016). (PAUL ELLIS/AFP)

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, tidak akan memaksakan Philippe Coutinho untuk segera kembali memperkuat The Reds di laga jelang tutup tahun.

Coutinho saat ini masih menjalani proses penyembuhan cedera engkel yang dia alami saat Liverpool mengalahkan Sunderland 2-0 pada akhir November 2016 lalu.

"Coutinho belum kembali berlatih dan tidak ada alasan untuk berspekulasi soal kapan dia bisa bermain lagi. Kami tidak akan terburu-buru memaksanya kembali bermain dan akan menunggu," tutur Klopp.

Pelatih berusia 49 tahun tersebut mengatakan bahwa sisa musim 2016-2017 masih ada banyak waktu bagi Coutinho untuk bisa kembali menyumbang andil bagi perjalanan Liverpool.

"Musim ini cukup panjang untuk Coutinho membantu Liverpool. Hanya karena kami harus bermain di akhir tahun, bukan berarti dia harus kembali sekarang. Coutinho ingin tampil melawan Manchester City dan kami akan membantunya sembuh, tetapi saya tidak berani memastikan," ujar Klopp.

Liverpool akan bermain melawan Manchester City di Anfield pada Sabtu (31/12/2016). Empat hari sebelumnya, Selasa (27/12/2016), Adam Lallana dkk akan berhadapan dengan Stoke City.

[video]https://video.kompas.com/e/5254682608001[/video]

Para pemain asuhan Klopp akan berlatih pada Minggu (25/12/2016) sebagai persiapan akhir menghadapi laga pekan ke-18 tersebut.

Setelah itu, Klopp membebaskan para pemainnya untuk beristirahat selama satu hari sebelum hari pertandingan.

Menurut Klopp, penyusunan jadwal tersebut berbeda dari jadwal latihan normal saat dia masih melatih di klub Bundesliga, Borussia Dortmund.