Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Man United Vs Sunderland, Desember Berkarakter

By Minggu, 25 Desember 2016 | 22:41 WIB
Gelandang Manchester United, Henrikh Mkhitaryan (kanan), mereyakan golnya bersama rekan setim seusai membobol gawang Tottenham Hotspur di Stadion Old Trafford, Miggu (11/12/2016). (Oli SCARFF / AFP)

Masa yang dinanti pendukung Manchester United akhirnya tiba juga. Pasukan Jose Mourinho menunjukkan kesiapan untuk bersaing. Tidak ada periode yang lebih tepat untuk menunjukkan ketangguhan selain Desember yang ketat.

Penulis: Christian Gunawan

Setelah start musim yang penuh gelombang, United membukukan tiga kemenangan beruntun sejak memasuki pertengahan Desember.

Setelah menerima badai kritik, Mourinho membuktikan diri bisa memapankan permainan United. Pelatih asal Portugal ini kini telah mendapatkan komposisi terbaik Red Devils.

Wajarlah bila para suporter United mulai berani berharap sambil bernostalgia. Saat masih ditangani Sir Alex Ferguson, Red Devils kerap memperlihatkan ketangguhan pada Desember.

Kekuatan tersebut muncul lagi. Maka, sukar memperkirakan United akan tumbang di tangan Sunderland, klub yang masih berada di papan bawah.

The Black Cats memang baru menang pekan lalu atas Watford, tapi hasil itu terjadi di kandang.

[video]https://video.kompas.com/e/5252486305001[/video]

Old Trafford jelas bukan tempat yang ramah untuk klub Wearside ini. Sunderland pernah mengejutkan jagat sepak bola Inggris ketika menang 1-0 di Old Trafford pada 2013-2014.

Akan tetapi, saat itu Iblis Merah sedang berada dalam masa transisi sepeninggal Ferguson. David Moyes, pengganti Fergie, gagal mengangkat United kala itu.