Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Antonio Conte Risih pada Statistik

By Jumat, 23 Desember 2016 | 13:31 WIB
Aksi selebrasi pelatih Chelsea, Antonio Conte, setelah timnya menang dalam laga Premier League di kandang Crystal Palace, Selhurst Park, London, 17 Desember 2016. (CLIVE ROSE/GETTY IMAGES)

Kemenangan 1-0 atas Crystal Palace pada Sabtu (17/12) menciptakan data statistik yang positif pada Chelsea dari berbagai sudut, termasuk pada catatan pribadi sang pelatih, Antonio Conte. Namun, pelatih asal Italia ini mengaku risih pada statistik.

Penulis: Dedi Rinaldi

Kemenangan atas Palace tersebut memang memunculkan banyak rekor untuk Chelsea, mulai dari The Blues yang tercatat sebagai klub yang telah mencapai 500 kemenangan di Premier League sampai catatan Conte sebagai manajer Premier League pertama yang mampu meraih 14 kemenangan dalam 17 partai pertamanya di liga.

Khusus untuk Conte, kini sosoknya disebut-sebut sebagai pelatih yang impresif. Tangan dingin dan kemampuan Conte dalam meramu tim serta merancang strategi bahkan membuatnya mendapat sebutan telah berhasil menaklukkan Premier League.

Roman Abramovich sebagai pemilik klub serta jajaran direksi klub layak bergembira dengan hasil manis sejauh ini. Mereka merasa tidak salah memilih mantan pelatih Juventus dan timnas Italia ini sebagai manajer baru.

[video]https://video.kompas.com/e/5252445425001[/video]

Conte sendiri mengaku puas dengan catatan yang diraihnya, apalagi torehan manis tersebut sudah terhidang pada tahun pertamanya di Inggris.

Namun, sejujurnya Conte kurang menyukai data statistik meski tetap merasa gembira.

“Saya bukanlah tipe orang yang menyukai statistik, tetapi ini musim pertama saya di Inggris. Memenangi 14 pertandingan dari 17 pertandingan tentu merupakan pencapaian yang fantastis,” katanya.

Namun, di sisi lain Conte menekankan bahwa data statistik tersebut tidak berhenti sampai di sini melainkan bisa terus berlanjut hingga masa depan.