Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ilkay Guendogan Dipastikan Cedera Ligamen Lutut

By Lariza Oky Adisty - Sabtu, 17 Desember 2016 | 06:17 WIB
Gelandang Manchester City, Ilkay Guendogan (kiri), terjatuh setelah berbenturan dengan pemain Watford, Nordin Amrabat, dalam laga Premier League di Etihad Stadium, Manchester, 14 Desember 2016. (MICHAEL STEELE/GETTY IMAGES)

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengonfirmasi bahwa gelandang asal Jerman, Ilkay Guendogan, mengalami ACL (anterior cruciate ligament).

Guendogan ditarik keluar pada menit ke-44 dalam laga kontra Watford, Rabu (14/12/2016). Ia mengalami denyutan hebat pada lutut setelah diterjang pemain lawan, Nordin Amrabat.

Pemain berdarah Turki itu lantas digantikan oleh Fernando.

Tim dokter masih menganalisis jangka waktu yang dibutuhkan eks pemain Borussia Dortmund tersebut untuk bisa sembuh.

"Situasi ini sangat sulit untuk Guendogan. Dia sangat tidak beruntung, tetapi hal seperti ini kerap terjadi di sepak bola," kata Guardiola.

Menurut Guardiola, Guendogan akan menjalani operasi dan pemulihan sesegera mungkin.

"Manchester City akan mendukung Ilkay dan menunggu sampai dia kembali. Ilkay akan dioperasi dan semoga dia bisa kembali sesegera mungkin," ujar pelatih asal Spanyol tersebut.

Guendogan datang ke Etihad Stadium pada awal musim 2016-2017 dari Borussia Dortmund. Dia sudah tampil 16 kali sejak saat itu dan mencetak lima gol.

Salah satu di antaranya terjadi saat Man City menang 3-1 melawan FC Barcelona dalam pertandingan Liga Champions pada 1 November 2016.

[video]https://video.kompas.com/e/5248769221001[/video]