Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rekor Sempurna Marcus/Kevin dan Tontowi/Liliyana

By Diya Farida Purnawangsuni - Selasa, 13 Desember 2016 | 17:44 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon (kanan)/Kevin Sanjaya Sukamuljo, berangkulan setelah memenangi laga final China Terbuka 2016 melawan pasangan Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen, di Fuzhou, Minggu (20/11/2016). (BADMINTONINDONESIA.ORG)

Rekor sempurna dipegang dua wakil Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (ganda putra) dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (ganda campuran), pada laga pertama BWF Superseries Finals 2016.

Marcus/Kevin unggul 2-0 atas Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi yang akan mereka jumpai pada Rabu (14/12/2016). Angga/Ricky merupakan senior Marcus/Kevin di pelatnas.

Dua kemenangan pasangan yang menjadi unggulan ke-3/ke-4 di Dubai itu didapat pada babak final Australia Terbuka dan India Terbuka tahun ini.

Serupa dengan Marcus/Kevin, Tontowi/Liliyana juga belum pernah kalah dari junior mereka, Praveen Jordan/Debby Susanto.

Dari empat laga yang telah dimainkan, pasangan unggulan ke-5/ke-8 itu selalu tampil sebagai pemenang.

Terakhir, Tontowi/Liliyana mengalahkan Praveen/Debby dengan 21-19, 21-17 pada babak final Hong Kong Terbuka 2016.

Menilik statistik rekor pertemuan, kans Marcus/Kevin dan Tontowi/Liliyana memenangi pertandingan pertama lebih besar ketimbang lawan mereka.

Faktor ini semakin diperkuat dengan fakta peringkat dunia Marcus/Kevin dan Tontowi/Liliyana yang juga lebih tinggi.

Baca Juga:

Saat ini, Tontowi/Liliyana merupakan pasangan ganda campuran nomor dua dunia. Posisi ini lebih tinggi dua setrip dari Praveen/Debby.