Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Soal Mkhitaryan, Legenda Liverpool Puji Peran Mourinho

By Verdi Hendrawan - Senin, 12 Desember 2016 | 11:30 WIB
Selebrasi gelandang Manchester United, Henrikh Mkhitaryan, seusai membobol gawang Tottenham Hotspur dalam laga Premier League 2016-2017 di Old Trafford, Manchester, Inggris, pada Minggu (11/12/2016). (RICHARD HEATHCOTE/GETTY IMAGES)

Legenda Liverpool, Jamie Carragher, memberi pujian kepada Jose Mourinho soal penampilan hebat gelandang Manchester United, Henrikh Mkhitaryan.

Mkhitaryan memiliki awal yang sulit setelah memutuskan hengkang dari Borussia Dortmund ke Man United pada awal musim 2016-2017. Pemain berusia 27 tahun itu pun sempat menuai beberapa kritik atas penampilannya.

Kini, Mkhitaryan berhasil menjadi pahlawan kemenangan Man United dalam dua pertandingan terakhir menghadapi Zorya Lunhask (Liga Europa) dan Tottenham Hotspur (Premier League). Pemain asal Armenia itu selalu mampu mempersembahkan gol bagi tim.

Hal ini membuat Carragher memberikan pujian kepada Mourinho. Manajer asal Portrugal itu dipandang telah sukses menepis kritik soal transfer Mkhitaryan yang sempat diangap gagal.

Carragher juga menilai bahwa permasalahan yang ada semuanya bergantung kepada bagaimana cara Mkhitaryan dalam menjaga kondisi fisiknya agar tetap fit serta beradaptasi dengan metode latihan, manajer, dan rekan-rekan baru.

Baca Juga:

Hal ini bukan sesuatu yang mudah dilakukan oleh pemain baru. Bahkan, sebagian besar pemain membutuhkan waktu satu musim untuk bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya di Premier League.

"Jose Mourinho sempat dicemooh soal bagaimana dia menangani Mkhitaryan. Tetapi, jika kita melihat apa yang terjadi dalam empat pertandingan terakhir, Mkhitaryan bisa disebut ditangani dengan sangat baik oleh Mourinho," ucap Carragher kepada Sky Sports.

"Mkhitaryan baru pertama kali merasakan Premier League dan memiliki penampilan yang buruk pada laga debut kontra Manchester City. Kemudian, ia didera masalah cedera dan tidak bisa berada di dalam tim," katanya.

Kendati demikian, Mkhitaryan bisa saja kembali menepi dari skuat utama Manchester United. Dia mengalami cedera pada menit-menit akhir pertandingan kontra Tottenham. 

[video]https://video.kompas.com/e/5243521764001_v1_pjuara[/video]