Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Fungsi Andre Gomes di Mata Luis Enrique

By Anju Christian Silaban - Sabtu, 10 Desember 2016 | 10:12 WIB
Andre Gomes menjalani sesi perkenalan sebagai pemain baru Barcelona di Stadion Camp Nou, Rabu (27/7/2016). (LLUIS GENE/AFP)

 Pelatih Barcelona, Luis Enrique, melihat Andre Gomes sebagai alternatif bagus kalau timnya harus tampil tanpa Sergio Busquets.

Gomes sebenarnya adalah seorang gelandang tengah yang bertugas menyuplai serangan. Namun, pemain asal Portugal itu sempat dicoba untuk mengisi pos gelandang bertahan yang biasa ditempati Busquets.

Terakhir, eksperimen itu dilakukan Enrique saat Barcelona mengalahkan Borussia Moenchengladbach dengan skor 4-0 pada partai lanjutan La Liga di Stadion Camp Nou, Selasa (6/12/2016).

"Saat bermain sebagai gelandang bertahan, Gomes menunjukkan kemampuannya,"

"Posisi natural dia memang gelandang tengah karena kemampuan olah bola, menusuk, dan tendangan. Namun, dia juga menunjukkan kemampuannya saat berperan sebagai gelandang bertahan," kata Enrique.

"Pemain fleksibel seperti Gomes tentu memiliki efek positif terhadap tim. Dia bisa membantu menciptakan peluang dan memberikan tekanan," tutur sang pelatih.

Hanya, eksperimen tersebut belum dijajal Enrique secara reguler. Maklum, Busquets memiliki peran vital di lini tengah Barcelona.

Pada musim 2016-2017, pemilik nama terakhir sudah melakoni 19 pertandingan di semua ajang yang diikuti Barcelona.

[video]https://video.kompas.com/e/5238934667001[/video]