Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ancaman Terbesar dari Milan Itu Bernama Suso

By Sabtu, 3 Desember 2016 | 17:45 WIB
Suso merayakan gol AC Milan ke gawang Empoli pada lanjutan Serie A, Sabtu (26/11/2016). (MARCO BERTORELLO/AFP)

Siapa pemain AC Milan yang menjadi ancaman terbesar buat pertahanan lawan? Bukan raja gol sementara tim Carlos Bacca atau idola baru Gianluca Lapadula.

Penulis: Riemantono Harsojo

Jawabannya adalah Jesus Joaquin Fernandez Saenz de la Torre atau lebih terkenal dengan nama Suso. Hingga pekan ke-14 Serie A 2016-2017, penyerang asal Spanyol itu berstatus sebagai pemain terbaik Milan untuk dua kategori penting.

Di situs Lega Serie A, Suso berada di peringkat kedua setelah penyerang Roma, Mohamed Salah, dalam daftar pembuat assist terbanyak.

Suso mencetak 12, sedangkan Salah 13. Pemain terbaik kedua di kubu Milan adalah Giacomo Bonaventura dengan jumlah 6 assist.

Kategori assist dalam statistik Lega Serie A ini bukan hanya operan yang membuat rekan setim dapat mencetak gol. Operan yang membuat rekan setim memiliki peluang mencetak gol juga dihitung sebagai assist.

Baca juga:

Sementara situs Soccerway menempatkan Suso di puncak daftar assist, umpan yang membuat rekan setim menjebol gawang lawan.

Penyerang berusia 23 tahun itu mengemas 6 assist. Dua assist terakhir darinya tercipta untuk Lapadula saat Milan menang 4-1 atas Empoli pada pekan lalu.

Di laga itu, Suso juga mengemas satu gol. Suso juga menjadi terbaik sementara di Milan untuk kategori pemain tersering melepas tembakan tepat sasaran.