Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

El Clasico, Finansial Nyaris Seimbang

By Sabtu, 3 Desember 2016 | 11:23 WIB
Stadion Camp Nou diambil gambar dari salah satu sudut pada April 2016. Camp Nou akan menjadi driving force pendapatan Barcelona. (DAVID RAMOS/GETTY IMAGES)

Barcelona dan Real Madrid, dua raksasa Spanyol yang akan bertemu pada akhir pekan ini di Camp Nou, sudah mengumumkan kondisi keuangan yang didapat selama musim 2015/16.

Penulis: Dian Savitri

Barcelona, melalui berita di situs Forbes, menyatakan pendapatan mereka pada musim itu adalah 679 juta euro atau lebih dari 9,8 triliun rupiah. Jumlah itu meningkat 12 persen dibanding musim sebelumnya.

Barcelona memprediksi revenue musim itu sebanyak 633 juta. Akan tetapi, prediksi itu meleset sebab jumlah yang didapat justru lebih banyak seiring dengan kesuksesan memenangi La Liga dan Copa del Rey.

Barcelona punya target khusus untuk sisi finansial, yaitu meraih pendapatan total sebanyak 1 miliar euro pada 2021.

Salah satu cara untuk mencapai jumlah itu, Barcelona punya proyek yang disebut Espai Barca, sebuah proyek renovasi yang melibatkan Stadion Camp Nou dan area sekelilingnya.

Proyek itu ditaksir akan menelan biaya lebih dari 600 juta euro.

Setelah renovasi itu kelar, Camp Nou tidak hanya menjadi sebuah stadion yang modern, namun juga memiliki kapasitas yang lebih banyak, yaitu menjadi 105.000 tempat duduk.

Saat ini, kapasitas Camp Nou adalah lebih dari 99 ribu. Dipastikan, Camp Nou akan menjadi salah satu sumber pendapatan yang sangat berharga untuk Barcelona.

 

Setelah Barcelona membuat pengumuman, giliran Real Madrid. Klub yang dipresideni oleh Florentino Perez itu mengumpulkan 620,1 juta euro untuk musim 2015/16.