Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Proyeksi Pendapatan Villarreal: 100 Juta Euro

By Rabu, 30 November 2016 | 14:54 WIB
Para pemain Villarreal merayakan gol yang mereka cetak ke gawang Real Betis dalam partai La Liga di Stadion El Madrigal, Vila-real, 6 November 2016. (JOSE JORDAN / AFP)

Villarreal, melalui CEO Fernando Roig Negueroles, menyatakan akan mendapat penghasilan musim ini sedikitnya 100 juta euro. Salah satu sumbernya adalah penampilan di Eropa musim ini. 

Penulis: Dian Savitri

Walau tidak tampil pada fase grup Liga Champions, Villarreal tetap saja mendapat bagian dari ajang itu, setelah tampil pada play-off. Roig Negueroles, putra dari Presiden Villarreal, Fernando Roig Alfonso, menjadi CEO, atau consejero delegado, sejak 2005.

Ayahnya menjadi Presiden El Submarino Amarillo sejak 1997. Diwawancara oleh koran lokal, El Periodico Mediterraneo, Roig Negueroles membeberkan sisi finansial klub yang dipimpinnya.

Musim ini, dari hak siar La Liga, Villarreal akan mendapat 57 juta euro. Di Eropa, musim lalu, klub itu mendapat 16,5 juta dari Liga Europa. Musim ini, bermain di ajang itu lagi, proyeksi adalah 20 juta, plus 3 juta dari penampilan dalamplayoff Liga Champions. Lalu, masih ada bagian dari market pool, yang besarnya, menurut Roig Negueroles, adalah 10% dari total yang diterima klub-klub Spanyol.

Jadi, proyeksi pendapatan Villarreal musim ini sedikitnya 115 juta. Roig Negueroles menekankan pengeluaran klub lebih dari 100 juta. Dari penjualan pemain, Villarreal mendapat hasil bersih 54 juta, sedangkan pembelian mencapai 60 juta.

Meski demikian, Roig Negueroles tidak khawatir klubnya akan merugi musim ini.

“Pada dasarnya, Villarreal tidak punya utang, membayar pajak tepat waktu, dan tidak kehilangan uang,” kata Roig Negueroles.

Dari penjualan pemain, Villarreal mendapat untung besar dengan melepas bek Pantai Gading, Eric Bailly, ke Manchester United, dengan harga 36 juta euro. Angka itu berpotensi bertambah menjadi 40 juta dengan tambahan bonus.

Villarreal mendapatkan Bailly dari Espanyol dengan harga hanya 8 juta.