Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kiat Chelsea dan Tottenham untuk Cetak Gol

By Wisnu Nova Wistowo - Sabtu, 26 November 2016 | 11:38 WIB
Eden Hazard dalam laga derbi London melawan Tottenham Hotspur di Stamford Bridge pada 2 Mei 2016. (BEN STANSALL/AFP)

Tottenham Hotspur dan Chelsea merupakan dua tim dengan pertahanan terbaik di Premier League dalam 12 pertandingan musim ini. Namun, kedua kesebelasan tersebut sama-sama memiliki kelemahan menonjol yang dapat dieksploitasi.

Partai Derbi London antara Chelsea kontra Tottenham akan bergulir di Stadion Stamford Bridge, Sabtu (26/11/2016) waktu setempat.

Tottenham baru delapan kali kebobolan musim ini, sedangkan Chelsea 9 kali. Berarti rataan kebobolan kedua tim kurang dari 1 gol per laga (Tottenham 0,7 dan Chelsea 0,8).

Dari jumlah gol kemasukan itu, Tottenham cukup sering dijebol lewat situasi bola mati. 

Tottenham empat kali kemasukan lewat upaya set piece atau 50 persen dari jumlah total kebobolan sejauh musim ini. Hal ini bisa dieksploitasi tuan rumah. 

Klub berjulukan The Blues itu mampu lima kali mencetak gol dari tendangan bola mati dari total 27 gol mereka musim ini.

Jadi, skuat asuhan Antonio Conte punya peluang untuk bisa membobol gawang Hugo Lloris lewat tendangan bola mati.

Baca Juga:

Sementara itu, Chelsea lima kali kebobolan lewat open play atau 55 persen dari jumlah kemasukan. Gawang Thibaut Courtois pun cukup rentan dijebol pada laga ini karena The Spurs punya rasio konversi gol via open play yang baik. 

Sebanyak 12 dari 18 gol Tottenham sejauh ini ini dicetak lewat permainan terbuka atau sekitar 66 persen. Andai para pemain Chelsea gagal menahan pergerakan para pemain Tottenham, siap-siap saja Courtois bekerja keras menghalau serangan.