Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tontowi/Liliyana Wakil Pertama Indonesia yang Lolos ke Perempat Final Hong Kong Terbuka

By Delia Mustikasari - Kamis, 24 November 2016 | 16:55 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, ketika tampil pada babak pertama Hong Kong Terbuka yang berlangsung di Hong Kong Coliseum, Selasa (22/11/2016). (BADMINTON INDONESIA)

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, jadi wakil Merah Putih pertama yang melaju ke babak perempat final Hong Kong Terbuka, 22-27 November.

Tontowi/Liliyana mengantongi tiket ke babak tersebut seusai mengatasi Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang) dengan 15-21, 21-17, 21-17 pada laga yang berlangsung di Hong Kong Coliseum, Kamis (24/11/2016).

Pada awal gim pertama, kedua pasangan pemain saling bergantian mencetak poin. Setelah kedudukan 6-6, Watanabe/Higashino mencetak tiga poin beruntun untuk unggul 9-6 dan mengamankan interval dengan 11-9.

Setelah jeda interval, Watanabe/Higashino melanjutkan keunggulannya dengan memimpin 17-12. Tontowi/Liliyana berusaha memperkecil defisit poin, namun mereka tertahan pada angka 15.

Tontowi/Liliyana kembali dengan permainan terbaik pada gim kedua. Dengan cepat mereka memimpin pada interval 11-4.

Watanabe/Higashino berusaha mengejar ketinggalan, namun Tontowi/Liliyana yang sudah mendominasi jalannya pertandingan berhasil menyentuh angka 21 lebih dulu.

Duel ketat terjadi saat gim penentuan. Kedua pasang pemain terlibat kejar mengejar poin. Ketika skor imbang 4-4, Tontowi/Liliyana mengoleksi lima angka beruntun yang membuat mereka memimpin 9-4.

Selanjutnya, mereka semakin menjauh pada interval 11-6. Watanabe/Higashino mencoba memperkecil defisit poin menjadi 12-15.

Poin demi poin kembali didapat Tontowi/Liliyana hingga mereka berhasil memastikan melangkah ke babak perempat final setelah berjuang selama 50 menit.