Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jatah 5 Kekalahan Inter demi Play-off LC

By Minggu, 20 November 2016 | 15:33 WIB
Reaksi Stefano Pioli saat memimpin Lazio dalam laga Serie A di kandang Frosinone Calcio, Stadion Matusa, 21 Februari 2016. (PAOLO BRUNO/GETTY IMAGES)

Stefano Pioli membuat pernyataan tegas. Misi utamanya musim ini adalah membawa Inter minimal finis di peringkat tiga Serie A. Masuk akal?

Penulis: Christian Gunawan

"Masih ingat Juventus musim lalu? Di mana mereka di pekan yang sama dengan saat ini? Kami bisa mencapainya," ucap Pioli.

Pekerjaan buat mewujudkan target itu sangat masif. Sejak Serie A hanya mendapat tiga tiket buat ke Liga Champion mulai 2011/12, Juventus selalu menjadi kampiun liga. Sejak saat itu juga persaingan mendapat tiket ke LC makin sengit.

Sebagai bukti, tak pernah sekali pun terdapat kombinasi tiga klub yang sama dalam lima musim tersebut. Juventus selalu mendapatkan dua teman yang berbeda.

Lantas, berapa poin minimal yang bakal memberi jaminan tiket ke play-off LC? Batas tertinggi dalam lima musim terdahulu terjadi pada 2015/16. AS Roma mengumpulkan 80 poin demi finis di tempat ketiga.

Baca Juga:

Jadi, ketika Pioli berkata target minimalnya adalah finis di zona LC, paling tidak saat ini Inter butuh 63 poin lagi. Sekarang torehan poin I Nerazzurri baru 17!

Bila di rata-rata, hingga akhir musim, Inter harus mengemas 2,42 poin per pertandingan dari sisa 26 laga yang masih bisa dijalani.

Dari pertandingan tersisa, maksimal kekalahan yang bisa diderita Sang Biru-Hitam hingga musim kelar adalah lima kali lagi. Kondisi itu tentu dengan syarat Inter harus menyelesaikan sisa 21 pertandingan dengan kemenangan.